Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
ANALISIS PENGARUH ESTETIKA
VISUAL PRODUK TERHADAP
WILLINGNESS TO PAY PREMIUM
KONSUMEN UNTUK PRODUK
TUMBLER PREMIUM DENGA...
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Skripsi

Analisis Pengaruh Estetika Visual Produk Terhadap Willingness To Pay Premium Konsumen Untuk Produk Tumbler Premium Dengan Memperhatikan Keterlibatan Kategori Produk Dan Brand Familiarity

The Analysis of Visual Product Aesthetics Effect on Consumers’ Willingness to Pay Premium for Premium Tumbler Products with Consideration of Product Category Involvement and Brand Familiarity

Zada Janitra Kamilah Rahmadi Putri - ; Yeshika Alversia (Pembimbing/Promotor) - ; Dwi Widiastri (Penguji) - ; Tengku Ezni Balqiah (Penguji) - ;

Tumbler premium semakin populer di Indonesia, terutama di kalangan generasi muda, karena dinilai tidak hanya fungsional, tetapi juga memiliki nilai estetika visual tinggi. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh estetika visual produk terhadap willingness to pay premium dengan mempertimbangkan peran perceived product quality, perceived enjoyment, serta moderasi dari product category involvement dan brand familiarity. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner online kepada 267 responden yang mengetahui produk tumbler premium. Data dianalisis menggunakan SmartPLS 4 dengan metode Partial Least Squares – SEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa estetika visual tidak berpengaruh positif terhadap willingness to pay premium secara langsung. Akan tetapi, secara tidak langsung melalui perceived product quality dan perceived enjoyment dapat berpengaruh positif terhadap willingness to pay premium. Analisis moderasi menunjukkan bahwa product category involvement tidak memoderasi hubungan antara visual product aesthetic dengan willingness to pay premium dan perceived product quality, tetapi memoderasi hubungan visual product aesthetic dengan perceived enjoyment. Sementara itu, brand familiarity tidak menunjukkan efek moderasi yang signifikan pada hubungan perceived product quality dan perceived enjoyment terhadap willingness to pay premium.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
S 15574PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekPerceived Enjoyment
Visual product aesthetics
Willingness to pay premium
Perceived product quality
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxiv, 140 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikSkripsi
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?