Skripsi
The Analysis of Visual Product Aesthetics Effect on Consumers’ Willingness to Pay Premium for Premium Tumbler Products with Consideration of Product Category Involvement and Brand Familiarity
Tumbler premium semakin populer di Indonesia, terutama di kalangan generasi muda, karena dinilai tidak hanya fungsional, tetapi juga memiliki nilai estetika visual tinggi. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh estetika visual produk terhadap willingness to pay premium dengan mempertimbangkan peran perceived product quality, perceived enjoyment, serta moderasi dari product category involvement dan brand familiarity. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner online kepada 267 responden yang mengetahui produk tumbler premium. Data dianalisis menggunakan SmartPLS 4 dengan metode Partial Least Squares – SEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa estetika visual tidak berpengaruh positif terhadap willingness to pay premium secara langsung. Akan tetapi, secara tidak langsung melalui perceived product quality dan perceived enjoyment dapat berpengaruh positif terhadap willingness to pay premium. Analisis moderasi menunjukkan bahwa product category involvement tidak memoderasi hubungan antara visual product aesthetic dengan willingness to pay premium dan perceived product quality, tetapi memoderasi hubungan visual product aesthetic dengan perceived enjoyment. Sementara itu, brand familiarity tidak menunjukkan efek moderasi yang signifikan pada hubungan perceived product quality dan perceived enjoyment terhadap willingness to pay premium.
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
S 15574 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok: Program Studi Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Perceived Enjoyment Visual product aesthetics Willingness to pay premium Perceived product quality |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | NONE |
Deskripsi Fisik | xiv, 140 p. : il. ; 30 cm. |
Info Detail Spesifik | Skripsi |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |