Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
PENGARUH EXPOSURE TO
INFLUENCER TERHADAP
KEPUTUSAN INVESTASI CRYPTO
DI INDONESIA: DESIRE TO
MIMIC DAN MATERIALISM
SEBAGA...
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Skripsi

Pengaruh Exposure to Influencer Terhadap Keputusan Investasi Crypto di Indonesia: Desire to Mimic dan Materialism Sebagai Mediator Serta FOMO Sebagai Moderator

The Influence of Exposure to Influencers on Crypto Investment Decision in Indonesia: Desire to Mimic and Materialism as Mediators and FOMO as a Moderator

Alfarel Fadhlurrohman - ; Nissa Ghulma Ratnasari (Pembimbing/Promotor) - ; Karto Adiwijaya (Penguji) - ; Sri Daryanti (Penguji) - ;

Saat ini keputusan investasi telah mengalami pergeseran, salah satunya pasar investasi crypto. Pergeseran ini tidak luput dari pengaruh influencer crypto yang dapat memengaruhi keputusan investor dalam berinvestasi di pasar crypto melalui konten-konten yang dibuat di platform media sosial. Penelitian ini juga memasukkan variabel Desire to Mimic dan Materialism sebagai mediasi dan FOMO sebagai moderasi untuk menjelaskan fenomena masyarakat, khususnya di Indonesia dalam berinvestasi di aset crypto. Sampel pada penelitian ini merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 tahun ke atas dan menjadi investor di pasar crypto. Penelitian ini dilakukan kepada 258 responden melalui kuesioner secara online dan analisis data menggunakan perangkat SmartPLS 4 untuk menganalisis 9 hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Exposre to Influencer berpengaruh positif terhadap Purchase Intention, Desire to Mimic, dan Materialism. Desire to Mimic berpengaruh positif serta memediasi hubungan antara Exposure to Influencer terhadap Purchase Intention. Materialism tidak berpengaruh positif serta tidak memediasi hubungan antara Exposure to Influencer terhadap Purchase Intention. Serta FOMO, tidak memoderasi hubungan antara Exposure to Influencer terhadap Materialism dan Purchase Intention. Temuan ini berkontribusi pada literatur terkini tentang Exposure to Influencer khususnya di industri keuangan crypto, Desire to Mimic, Materialism, dan FOMO dalam memengaruhi Purchase Intention.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
S 15580PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekPurchase intention
Materialism
FOMO
Exposure to Influencer
Desire to Mimic
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxi, 118 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikSkripsi
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?