Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
PENGARUH AFFORDANCES
TERHADAP NIAT PEMBELIAN
DENGAN MEDIASI DESIRE TO
POSTPONE CLOSURE DAN PRODUCT
RELEVANCE: STUDI KASU...
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Skripsi

Pengaruh Affordances Terhadap Niat Pembelian dengan Mediasi Desire to Postpone Closure dan Product Relevance: Studi Kasus Aplikasi TikTok

The Influence of Affordances on Purchase Intention: The Mediating Role of Desire to Postpone Closure and Product Relevance on TikTok

Kelsa Zefanya - ; Hapsari Setyowardhani (Pembimbing/Promotor) - ; Sumiyarto (Penguji) - ; Sri Rahayu Hijrah Hati (Penguji) - ;

Popularitas TikTok sebagai platform social commerce di Indonesia telah mengubah dinamika pemasaran digital, namun pemahaman mengenai mekanisme psikologis spesifik yang mendorong niat beli pengguna masih terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh affordance sociotechnical TikTok (interaksi sosial, hiburan, visibilitas produk, rekomendasi) terhadap niat beli pengguna di Indonesia, dengan menginvestigasi peran mediasi kunci dari desire to postpone closure (DPC) dan product relevance (PR). Survei daring dilakukan terhadap pengguna TikTok Indonesia (usia 13-64 tahun yang berinteraksi dengan iklan/pembelian di TikTok), dan data dianalisis menggunakan Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi sosial, visibilitas produk, dan rekomendasi secara signifikan meningkatkan DPC, sementara rekomendasi juga secara signifikan meningkatkan PR. Selanjutnya, DPC dan PR keduanya berpengaruh positif signifikan terhadap niat beli. Ditemukan bahwa DPC memediasi pengaruh interaksi sosial dan visibilitas produk terhadap niat beli, sedangkan PR memediasi pengaruh rekomendasi terhadap niat beli. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya strategi konten yang interaktif dan visual, serta optimalisasi rekomendasi yang relevan untuk meningkatkan keterlibatan dan mendorong konversi di platform TikTok.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
S 15594PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekPurchase intention
Social commerce
TikTok
Sociotechnical Affordances
Desire to Postpone Closure
Product Relevance
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxiv, 92 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikSkripsi
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?