Skripsi
The Influence of Affordances on Purchase Intention: The Mediating Role of Desire to Postpone Closure and Product Relevance on TikTok
Popularitas TikTok sebagai platform social commerce di Indonesia telah mengubah dinamika pemasaran digital, namun pemahaman mengenai mekanisme psikologis spesifik yang mendorong niat beli pengguna masih terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh affordance sociotechnical TikTok (interaksi sosial, hiburan, visibilitas produk, rekomendasi) terhadap niat beli pengguna di Indonesia, dengan menginvestigasi peran mediasi kunci dari desire to postpone closure (DPC) dan product relevance (PR). Survei daring dilakukan terhadap pengguna TikTok Indonesia (usia 13-64 tahun yang berinteraksi dengan iklan/pembelian di TikTok), dan data dianalisis menggunakan Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi sosial, visibilitas produk, dan rekomendasi secara signifikan meningkatkan DPC, sementara rekomendasi juga secara signifikan meningkatkan PR. Selanjutnya, DPC dan PR keduanya berpengaruh positif signifikan terhadap niat beli. Ditemukan bahwa DPC memediasi pengaruh interaksi sosial dan visibilitas produk terhadap niat beli, sedangkan PR memediasi pengaruh rekomendasi terhadap niat beli. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya strategi konten yang interaktif dan visual, serta optimalisasi rekomendasi yang relevan untuk meningkatkan keterlibatan dan mendorong konversi di platform TikTok.
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
S 15594 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok: Program Studi Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Purchase intention Social commerce TikTok Sociotechnical Affordances Desire to Postpone Closure Product Relevance |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | NONE |
Deskripsi Fisik | xiv, 92 p. : il. ; 30 cm. |
Info Detail Spesifik | Skripsi |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |