Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
PENGARUH DESTINATION SERVICE
FACTORS, DESTINATION
EXPERIENCE DAN DESTINATION
SATISFACTION TERHADAP
BEHAVIORAL INTENTION ...
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Skripsi

Pengaruh Destination Service Factors, Destination Experience dan Destination Satisfaction Terhadap Behavioral Intention Wisata Destinasi Bahari Indonesia

The Influence of Destination Service Factors, Destination Experience, and Destination Satisfaction on Behavioral Intentions for Indonesian Marine Tourism Destinations

Tessa Pradnya Naraswari - ; Gita Gayatri (Pembimbing/Promotor) - ; Elevita Yuliati (Penguji) - ; Nurdin Sobari (Penguji) - ;

Dalam upaya pemenuhan target pariwisata di Indonesia, maka dibutuhkan usaha penguatan pariwisata domestik, terutama Indonesia sebagai negara kepulauan dengan kekayaan destinasi baharinya. Mayoritas jenis destinasi dari destinasi wisata prioritas di Indonesia adalah destinasi bahari. Maka dari itu, untuk memperkuat pariwisata domestik, diperlukan evaluasi destinasi bahari dari segi atribut pelayanan jasa (destination service factors), kepuasan wisatawan (destination satisfaction) dan pengalaman wisatawan (destination experience) terhadap niat perilaku (behavioural intention) untuk memberikan rekomendasi (Word of Mouth) dan mengunjungi kembali destinasi (revisit intention). Penelitian dilakukan dengan mengumpulkan data dari 216 responden dengan menggunakan kuesioner online dan dianalisis menggunakan metode Structural Equation Modelling (SEM) dengan software SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa destination service factors, destination experience dan destination satisfaction berpengaruh signifikan terhadap behavioural intention dalam bentuk word of mouth. Selain itu, faktor yang berpengaruh signifikan terhadap behavioural intention berupa revisit intention adalah word of mouth dan destination service factors. Penelitian ini diharapkan membantu mengevaluasi faktor-faktor pelayanan jasa pada destinasi bahari prioritas di Indonesia sehingga destinasi bisa memberikan kontribusi yang optimal terhadap pariwisata dan mampu bersaing dengan kompetitor.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
S 15598PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekWord of mouth
Revisit Intention
Destination Service Factors
Destination Satisfaction
Destination Experience
Marine Tourism Destinations in Indonesia
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxiv, 142 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikSkripsi
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?