Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
THE INFLUENCE OF ELECTRONIC
WORD OF MOUTH ON TIKTOK FOR
LOCAL SKINCARE PURCHASE
INTENTION: A STUDY ON GEN Z
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Skripsi

The Influence of Electronic Word of Mouth on TikTok for Local Skincare Purchase Intention: A Study on Gen Z

Pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap Niat Beli Merek Skincare Lokal di TikTok: Study mengenai Gen Z

Shafira Naura Wibowo - ; Ira Iriyanty (Pembimbing/Promotor) - ; Sri Daryanti (Penguji) - ; Sri Rahayu Hijrah Hati (Penguji) - ;

Industri skincare merek lokal kian mengalami peningkatan di Indonesia serta diestimasikan untuk meningkat semakin pesat di masa yang akan datang yang dikontribusikan oleh banyaknya Wanita dan Gen Z dalam mengonsumsi skincare merek local. Dalam penelitian ini eksplorasi mengenai pengaruh dari kredibilitas eWOM, kualitas eWOM, keterlibatan produk, sikap terhadap eWOM berkenaan dengan niat beli dengan mempertimbangkan pengaruh langsung dan tidak langsung dari variable-variable terkait. Dengan pengaplikasian metode cross-sectional, data yang didapat dari setiap responden yang berjumlahkan 190 menggunakan purposive sampling untuk menargetkan responden sesuai dengan kriteria yang tepat melalui survey online dari platform Google form. SmartPLS 4.1.1.2 telah digunakan sebagai alat analisa yang ditujukan untuk membuktikan adanya pengaruh terhadap pengujian hipotesis. Hasil analisa menunjukkan bahwa keterlibatan produk mempengaruhi secara signifikan terhadap niat beli, hanya kredibilitas eWOM yang terbukti memiliki pengaruh yang signifikan dan langsung kepada sikap terhadap eWOM, di sisi lain, tidak ditemukannya pengaruh langsung antara kualitas eWOM dengan sikap terhadap eWOM. Perihal pengaruh tidak langsung, kredibilitas eWOM dan kualitas eWOM memiliki pengaruh tidak langsung yang signifikan dengan variable keterlibatan produk sebagai mediator. Sehingga, pengaruh tidak langsung ditemukan terhadap niat beli konsumen terhadap merek skincare lokal. Mengenai efek mediasi, keterlibatan produk secara parsial memediasi hubungan antara kredibilitas eWOM dengan sikap terhadap eWOM dan memediasi secara menyeluruh hubungan antara kredibilitas eWOM kepada sikap terhadap eWOM.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
S 15601PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Kelas Khusus International Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekPurchase intention
Product involvement
TikTok
Electronic word of mouth
Ewom credibility
eWOM quality
Local skincare
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxii, 164 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikSkripsi
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?