Skripsi
Pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap Niat Beli Merek Skincare Lokal di TikTok: Study mengenai Gen Z
Industri skincare merek lokal kian mengalami peningkatan di Indonesia serta diestimasikan untuk meningkat semakin pesat di masa yang akan datang yang dikontribusikan oleh banyaknya Wanita dan Gen Z dalam mengonsumsi skincare merek local. Dalam penelitian ini eksplorasi mengenai pengaruh dari kredibilitas eWOM, kualitas eWOM, keterlibatan produk, sikap terhadap eWOM berkenaan dengan niat beli dengan mempertimbangkan pengaruh langsung dan tidak langsung dari variable-variable terkait. Dengan pengaplikasian metode cross-sectional, data yang didapat dari setiap responden yang berjumlahkan 190 menggunakan purposive sampling untuk menargetkan responden sesuai dengan kriteria yang tepat melalui survey online dari platform Google form. SmartPLS 4.1.1.2 telah digunakan sebagai alat analisa yang ditujukan untuk membuktikan adanya pengaruh terhadap pengujian hipotesis. Hasil analisa menunjukkan bahwa keterlibatan produk mempengaruhi secara signifikan terhadap niat beli, hanya kredibilitas eWOM yang terbukti memiliki pengaruh yang signifikan dan langsung kepada sikap terhadap eWOM, di sisi lain, tidak ditemukannya pengaruh langsung antara kualitas eWOM dengan sikap terhadap eWOM. Perihal pengaruh tidak langsung, kredibilitas eWOM dan kualitas eWOM memiliki pengaruh tidak langsung yang signifikan dengan variable keterlibatan produk sebagai mediator. Sehingga, pengaruh tidak langsung ditemukan terhadap niat beli konsumen terhadap merek skincare lokal. Mengenai efek mediasi, keterlibatan produk secara parsial memediasi hubungan antara kredibilitas eWOM dengan sikap terhadap eWOM dan memediasi secara menyeluruh hubungan antara kredibilitas eWOM kepada sikap terhadap eWOM.
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
S 15601 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok: Program Studi Kelas Khusus International Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Purchase intention Product involvement TikTok Electronic word of mouth Ewom credibility eWOM quality Local skincare |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | NONE |
Deskripsi Fisik | xii, 164 p. : il. ; 30 cm. |
Info Detail Spesifik | Skripsi |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |