Skripsi
Analysis of Factors Influencing Users' Engagement in Watching Virtual Streaming in Indonesia
Perkembangan teknologi animasi dan motion capture telah mendorong munculnya tren virtual streaming di Indonesia, khususnya melalui kehadiran virtual streamers (VTuber) lokal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi keterlibatan pengguna (users’ engagement) dalam menonton virtual streaming, dengan mengadopsi pendekatan flow theory dan Stimulus-Organism-Response (S-O-R) Model. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan kerangka kerja yang bersifat konklusif dan deskriptif. Data primer dikumpulkan melalui survei daring dengan metode judgmental sampling terhadap 326 responden—pengguna asal Indonesia yang pernah menonton virtual streaming dalam satu tahun terakhir. Analisis data dilakukan menggunakan metode Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh variabel eksogen berpengaruh positif secara signifikan terhadap flow experience, yang pada akhirnya berdampak pada keterlibatan pengguna dalam virtual streaming. Temuan tersebut diharapkan dapat memberikan kontribusi teoretis pada pengembangan studi terkait virtual streaming dan menawarkan masukan praktis bagi kreator VTuber serta pelaku industri kreatif di Indonesia.
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
S 15606 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok: Program Studi Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Flow experience VTuber Users’ Engagement Virtual Streaming |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | NONE |
Deskripsi Fisik | xiv, 159 p. : il. ; 30 cm. |
Info Detail Spesifik | Skripsi |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |