Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
ANALISIS PENGARUH SCARCITY
PROMOTION PADA TIKTOK LIVE
STREAMING SHOPPING TERHADAP
CUSTOMER PURCHASE INTENTION
DENGAN PEN...
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Skripsi

Analisis Pengaruh Scarcity Promotion Pada TikTok Live Streaming Shopping Terhadap Customer Purchase Intention Dengan Pengaruh Mediasi Emotional Experience (Studi Pada Konsumen Gen Z di Jabodetabek)

Analysis of the Influence of Scarcity Promotion on TikTok Live Streaming Shopping on Customer Purchase Intention with the Mediating Influence of Emotional Experience (Study on Gen Z Consumers in Jabodetabek)

Dhavina Indira Gunawan - ; Agung Nugroho (Pembimbing/Promotor) - ; Ira Iriyanty (Penguji) - ; Riffely Dewi Astuti (Penguji) - ;

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh promosi kelangkaan, yaitu limited time promotion (LTP) dan limited quantity promotion (LQP), terhadap purchase intention konsumen Gen Z di TikTok Live Streaming Shopping, dengan emotional experience sebagai variabel mediasi. Penelitian ini merupakan adaptasi dari model Rong Zhou (2024) yang disesuaikan dengan konteks Indonesia dan platform TikTok. Pengumpulan data dilakukan melalui survei online kepada 167 responden Gen Z di wilayah Jabodetabek. Data dianalisis menggunakan metode PLS-SEM dengan bantuan SmartPLS. Hasil menunjukkan bahwa LTP berpengaruh signifikan terhadap emotional experience dan purchase intention, baik langsung maupun tidak langsung. Sebaliknya, LQP hanya berpengaruh langsung terhadap purchase intention, tanpa memengaruhi emotional experience. Selain itu, emotional experience terbukti menjadi mediator signifikan dalam hubungan LTP terhadap purchase intention. Temuan ini mendukung teori Stimulus–Organism–Response (S-O-R) dan menunjukkan bahwa tekanan waktu lebih efektif dibanding tekanan kuantitas dalam mendorong niat beli melalui pengalaman emosional. Penelitian ini memberikan kontribusi pada literatur perilaku konsumen digital dan implikasi praktis bagi strategi promosi live streaming.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
S 15612PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekPurchase intention
Generation Z
Emotional experience
TikTok live
Scarcity promotion
Limited Time Promotion
Limited Quantity Promotion
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxiv, 108 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikSkripsi
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?