Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
PENGARUH FINANCIAL LITERACY
TERHADAP ENTERTAINMENT
CONSUMPTION: ANALISIS
FANDOM-RELATED SPENDING
BEHAVIOR DI INDONESIA D...
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Skripsi

Pengaruh Financial Literacy terhadap Entertainment Consumption: Analisis Fandom-Related Spending Behavior di Indonesia dengan Peran Budgeting Intention berdasarkan Perspektif Theory of Planned Behavior

The Influence of Financial Literacy on Entertainment Consumption: An Analysis of Fandom-Related Spending Behavior in Indonesia with the Role of Budgeting Intention Based on the Theory of Planned Behavior

Diva Muthma’innah - ; Muthia Pramesti (Pembimbing/Promotor) - ; Ruri Eka Fauziah Nasution (Penguji) - ; Arief Wibisono Lubis (Penguji) - ;

Pengeluaran untuk produk dan layanan terkait fandom—seperti merchandise, tiket konser, dan langganan konten digital—menunjukkan tren yang meningkat, khususnya di kalangan usia produktif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi finansial terhadap konsumsi hiburan dalam konteks fandom di Indonesia, dengan mengacu pada Theory of Planned Behavior (attitude, subjective norm, dan perceived behavioral control) serta peran budgeting intention. Kuesioner disusun berdasarkan tinjauan literatur dan disebarkan kepada 260 responden berusia 17–35 tahun yang pernah melakukan pengeluaran terkait fandom dalam enam bulan terakhir. Analisis data dilakukan dengan regresi linear berganda (multiple linear regression) menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa financial literacy, subjective norm, perceived behavioral control, dan budgeting intention berpengaruh signifikan terhadap fandom-related spending behavior, sementara attitude tidak memiliki pengaruh yang signifikan. Temuan ini menekankan pentingnya budgeting intention dalam mendorong entertainment consumption yang lebih terencana. Implikasi dari penelitian ini dapat digunakan oleh masyarakat terutama komunitas fandom, akademisi, penyedia layanan edukasi keuangan, maupun konsultan keuangan untuk merancang strategi literasi finansial yang relevan bagi generasi muda dalam mengelola pengeluaran.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
S 15613PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekFinancial literacy
Theory of Planned Behavior
Fandom
Spending behavior
Budgeting Intention
Entertainment Consumption
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxi, 107 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikSkripsi
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?