Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
PENGARUH ENVIRONMENTAL
CONCERN, PERCEIVED
MARKETPLACE INFLUENCE, DAN
KNOWLEDGE OF ELECTRIC
VEHICLE TERHADAP NIAT
MEMBELI...
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Skripsi

Pengaruh Environmental Concern, Perceived Marketplace Influence, dan Knowledge of Electric Vehicle terhadap Niat Membeli Kendaraan Listrik di Indonesia

The Influence of Environmental Concern, Perceived Marketplace Influence, and Knowledge of Electric Vehicles on Purchase Intention of Electric Vehicles in Indonesia

Alifia Yumna Mumtazah - ; Sri Rahayu Hijrah Hati (Pembimbing/Promotor) - ; Sumiyarto (Penguji) - ; Sri Daryanti (Penguji) - ;

Isu lingkungan dan kemajuan teknologi mendorong perhatian terhadap kendaraan listrik (EV) sebagai solusi transportasi berkelanjutan. Namun, adopsi EV di Indonesia masih rendah. Penelitian ini mengkaji pengaruh environmental concern, perceived marketplace influence, dan pengetahuan tentang EV terhadap sikap terhadap EV, serta dampaknya pada niat beli. Penelitian juga menguji peran mediasi attitude towards EV dan moderasi perceived environmental responsibility. Data dikumpulkan dari 250 responden melalui survei online dengan teknik purposive sampling dan dianalisis menggunakan PLS-SEM melalui SmartPLS 4.0. Hasil menunjukkan bahwa perceived marketplace influence dan pengetahuan berpengaruh signifikan terhadap attitude towards EV, sementara environmental concern tidak berpengaruh langsung. Sikap terbukti memediasi hubungan antara perceived marketplace influence dan pengetahuan terhadap niat beli EV, namun perceived environmental responsibility tidak memoderasi hubungan sikap dan niat beli. Penelitian ini menyoroti pentingnya edukasi dan persepsi sosial dalam meningkatkan adopsi EV di Indonesia serta memberikan masukan bagi perusahaan otomotif dan pembuat kebijakan dalam merancang strategi pemasaran dan regulasi yang lebih efektif.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
S 15614PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekPurchase intention
Environmental Concern
PLS-SEM
electric vehicle
Perceived marketplace influence
EV knowledge
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxiv, 91 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikSkripsi
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?