Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
PERAN K-CELEBRITY ATTACHMENT
DAN PARASOCIAL RELATIONSHIP
DALAM DESTINATION MARKETING:
STUDI KASUS INTENTION TO
VISIT KOR...
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025

Skripsi

Peran K-celebrity Attachment dan Parasocial Relationship dalam Destination Marketing: Studi Kasus Intention to Visit Korea Bagi Generasi Z dan Milenial di Indonesia

The role of K-celebrity Attachment and Parasocial Relationship in Destination Marketing: A Study Case on the Intention to Visit Korea Among Generation Z and Millenials in Indonesia

Grace Nauli Sianipar - ; Elevita Yuliati (Pembimbing/Promotor) - ; Gita Gayatri (Penguji) - ; Arga Hananto (Penguji) - ;

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi minat generasi Z dan Milenial di Indonesia untuk berkunjung ke Korea Selatan. Berdasarkan teori affect transfer dan meaning transfer, studi ini mengkaji pengaruh keterikatan terhadap selebritas Korea terhadap budaya serta citra Korea dan memengaruhi niat berkunjung ke Korea. Data dikumpulkan dari 233 responden yang memiliki kriteria berusia 17-44 tahun, berdomisili di Indonesia, mengikuti salah satu media sosial selebriti Korea, dan memiliki ketertarikan terhadap media hiburan Korea melalui kuesioner yang disebarkan secara daring. Analisis data dilakukan menggunakan PLS-SEM dengan bantuan SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterikatan terhadap selebritas berpengaruh positif terhadap customer delight toward K-culture dan K-culture attachment. Selanjutnya, customer delight toward K-culture dan K-culture attachment memberikan pengaruh positif terhadap pembentukan affective dan cognitive image of Korea, yang kemudian berpengaruh positif terhadap intention to visit to Korea. Dengan menggunakan teori affect transfer dan meaning transfer, penelitian ini memberikan pengetahuan bagaimana keterikatan konsumen terhadap selebritas dapat memengaruhi proses pengambilan keputusan dalam konteks wisata.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
S 15631PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekIntention to visit
Country image
Celebrity Attachment
K-culture
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxi, 138 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikSkripsi
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?