Skripsi
The role of K-celebrity Attachment and Parasocial Relationship in Destination Marketing: A Study Case on the Intention to Visit Korea Among Generation Z and Millenials in Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi minat generasi Z dan Milenial di Indonesia untuk berkunjung ke Korea Selatan. Berdasarkan teori affect transfer dan meaning transfer, studi ini mengkaji pengaruh keterikatan terhadap selebritas Korea terhadap budaya serta citra Korea dan memengaruhi niat berkunjung ke Korea. Data dikumpulkan dari 233 responden yang memiliki kriteria berusia 17-44 tahun, berdomisili di Indonesia, mengikuti salah satu media sosial selebriti Korea, dan memiliki ketertarikan terhadap media hiburan Korea melalui kuesioner yang disebarkan secara daring. Analisis data dilakukan menggunakan PLS-SEM dengan bantuan SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterikatan terhadap selebritas berpengaruh positif terhadap customer delight toward K-culture dan K-culture attachment. Selanjutnya, customer delight toward K-culture dan K-culture attachment memberikan pengaruh positif terhadap pembentukan affective dan cognitive image of Korea, yang kemudian berpengaruh positif terhadap intention to visit to Korea. Dengan menggunakan teori affect transfer dan meaning transfer, penelitian ini memberikan pengetahuan bagaimana keterikatan konsumen terhadap selebritas dapat memengaruhi proses pengambilan keputusan dalam konteks wisata.
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
S 15631 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok: Program Studi Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Intention to visit Country image Celebrity Attachment K-culture |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | NONE |
Deskripsi Fisik | xi, 138 p. : il. ; 30 cm. |
Info Detail Spesifik | Skripsi |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |