Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
PENGARUH PERSONALISASI
TERHADAP VIRAL BEHAVIOURAL
INTENTIONS PADA PENGGUNA
TIKTOK DI INDONESIA : PERAN
PERCEIVED CREATIV...
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Skripsi

Pengaruh Personalisasi Terhadap Viral Behavioural Intentions Pada Pengguna Tiktok di Indonesia : Peran Perceived Creativity, Authenticity, dan Need for Uniqueness

The Influence of Personalization on Viral Behavioral Intentions Among TikTok Users in Indonesia: The Role of Perceived Creativity, Authenticity, and Need for Uniqueness

Afilia Herdiana - ; Karto Adiwijaya (Pembimbing/Promotor) - ; Rifelly Dewi Astuti (Penguji) - ; Adrian Achyar (Penguji) - ;

TikTok merupakan salah satu media sosial dengan pertumbuhan pengguna tercepat di Indonesia, terutama di kalangan Generasi Z dan Milenial. Salah satu keunggulan TikTok adalah algoritma personalisasinya yang mampu menyesuaikan konten dengan preferensi pengguna, sehingga menciptakan pengalaman yang unik dan mendorong potensi viralitas. Fenomena viral di TikTok tidak hanya berfungsi sebagai hiburan, tetapi juga dapat memengaruhi opini publik dan keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh personalisasi terhadap viral behavioral intentions di TikTok, dengan melihat peran dari perceived creativity dan perceived authenticity, serta peran moderasi dari need for uniqueness. Penelitian ini juga menguji pengaruh viral behavioral intentions terhadap purchase intentions. Data primer dikumpulkan melalui survei online dengan menyebarkan kuesioner kepada 244 responden pengguna TikTok di Indonesia. Teknik analisis data dilakukan menggunakan metode PLS-SEM dengan bantuan software SmartPLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa personalisasi berpengaruh positif terhadap perceived creativity, perceived authenticity, dan viral behavioral intentions. Perceived creativity terbukti berpengaruh positif terhadap authenticity, serta keduanya berpengaruh positif terhadap viral behavioral intentions. Selain itu, need for uniqueness ditemukan memoderasi secara negatif hubungan antara personalisasi dan viral behavioral intentions. Temuan lainnya menunjukkan bahwa viral behavioral intentions memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intentions. Penelitian ini memberikan implikasi bahwa strategi konten yang dipersonalisasi dan dikemas secara kreatif serta autentik dapat meningkatkan niat pengguna untuk menyebarkan konten, yang pada akhirnya berdampak pada niat pembelian.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
S 15638PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekSocial media
TikTok
Viral marketing
Content personalization
Viral behavioral intentions,
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxviii, 141 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikSkripsi
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?