Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
STUDI PERILAKU PEMBELIAN
IMPULSIF KONSUMEN SKINCARE
PADA BRAND GARNIER DI TIKTOK
SHOP: APAKAH PEREMPUAN LEBIH
IMPULSIF D...
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Skripsi

Studi Perilaku Pembelian Impulsif Konsumen Skincare Pada Brand Garnier di TikTok Shop: Apakah Perempuan Lebih Impulsif Daripada Laki-laki?

A Study of Impulsive Buying Behavior of Skincare Consumers on the Garnier Brand in TikTok Shop: Are Women More Impulsive Than Men?

Iqbal Alizar F - ; Fandis Ekyawan (Pembimbing/Promotor) - ; Sri Daryanti (Penguji) - ; Rambat Lupiyoadi (Penguji) - ;

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku pembelian impulsif konsumen produk skincare Garnier di TikTok Shop serta meneliti perbedaan impulsivitas antara konsumen perempuan dan laki-laki. Menggunakan pendekatan Stimulus-Organism-Response (SOR), penelitian ini menguji pengaruh faktor-faktor dalam live streaming seperti social interaction, streamer’s style, gratification, gamification, dan visualization terhadap perceived hedonic value (PHV), yang kemudian memediasi perilaku pembelian impulsif (impulsive buying behavior/IBB) dan keterikatan pengguna (user stickiness/US). Selain itu, penelitian ini juga menguji peran moderasi gender pada pengaruh PHV dengan IBB dan US. Data dikumpulkan melalui survei online terhadap 361 responden yang pernah melakukan pembelian produk Garnier melalui fitur live streaming TikTok Shop. Analisis menggunakan Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) menunjukkan bahwa social interaction, gratification, dan gamification berpengaruh positif dan signifikan terhadap PHV, yang selanjutnya mendorong pembelian impulsif dan keterikatan pengguna. Namun, streamer’s style dan visualization tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap PHV. Perceived hedonic value terbukti menjadi mediator yang signifikan dalam pengaruh antara faktor stimulus dengan perilaku pembelian impulsif dan user stickiness. Selain itu, gender berperan sebagai moderator yang signifikan pada pengaruh PHV dan IBB, dimana perempuan memiliki tingkat impulsivitas lebih tinggi dibandingkan laki-laki, namun tidak berpengaruh signifikan pada pengaruh PHV dan user stickiness. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi strategi pemasaran digital dalam livestreaming e-commerce, khususnya untuk segmentasi berdasarkan gender. Penelitian juga menyarankan peningkatan fitur interaksi sosial, gamifikasi, dan pengalaman emosional untuk meningkatkan loyalitas dan pembelian impulsif konsumen skincare di platform TikTok Shop.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
S 15651PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekSocial interaction
Gamification
TikTok
Impulsive Buying Behavior
Perceived Hedonic Value
Livestream E-Commerce
Skincare Marketing
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxx, 177 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikSkripsi
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?