Skripsi
The Influence of Watching Short Video Promotions on TikTok on Online Impulse Buying
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku online impulse buying pada pengguna TikTok. Secara khusus, penelitian ini menguji pengaruh pengalaman pengguna saat menonton short video promotion terhadap perilaku impulse buying melalui respon emosional berupa arousal dan pleasure. Pengalaman pengguna diukur berdasarkan empat dimensi dari Experience Economy Framework (4Es), yaitu entertainment, educational, escapist, dan esthetic experience. Penelitian ini menggunakan desain penelitian konklusif deskriptif dengan pendekatan cross-sectional. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner menggunakan Google Form kepada pengguna aktif TikTok berusia 18–28 tahun yang berdomisili di wilayah Jabodetabek dan pernah melakukan pembelian melalui TikTok Shop dalam enam bulan terakhir setelah menonton short video promotion. Sebanyak 212 responden berhasil dikumpulkan dalam penelitian ini. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan software SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa entertainment experience, educational experience, escapist experience, dan esthetic experience memiliki pengaruh signifikan terhadap pleasure. Sementara itu, pada jalur menuju arousal, hanya tiga dimensi pengalaman yang menunjukkan pengaruh signifikan, dengan pengecualian pada escapist experience yang tidak berpengaruh signifikan. Selain itu, hasil penelitian juga membuktikan bahwa arousal berpengaruh signifikan terhadap pleasure, serta bahwa keduanya secara signifikan mempengaruhi perilaku online impulse buying pada pengguna TikTok.
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
S 15652 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok: Program Studi Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Social commerce Online Impulse Buying TikTok Experience economy |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | NONE |
Deskripsi Fisik | xiii, 105 p. : il. ; 30 cm. |
Info Detail Spesifik | Skripsi |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |