Skripsi
The Influence of Beauty Influencer Characteristics and Content Usefulness on Beauty Product Purchasing Behavior
Penelitian ini bertujuan mengkaji bagaimana karakteristik beauty influencer di Instagram yaitu experience, trustworthiness, attractiveness, dan content usefulness yang mempengaruhi perilaku pembelian produk kecantikan oleh konsumen usia 17–35 tahun di Indonesia, serta peran influencer–follower congruence sebagai variabel moderasi. Data diperoleh melalui survei daring yang melibatkan 287 responden dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan IBM SPSS Statstic 30. Hasil penelitian menunjukkan bahwa influencer trustworthiness, dan content usefulness berpengaruh secara positif dalam mempengaruhi perilaku pembelian, sedangkan experience dan influencer attractiviness tidak berdampak signifikan terhadap perilaku pembelian. Selain itu, semua variable influencer follower congruence tidak berpengaruh secara signifikan pada perilaku pembelian. Temuan ini menegaskan bahwa untuk strategi pemasaran influencer, brand perlu lebih mengutamakan kepercayaan dan kualitas konten, serta mempertimbangkan kecocokan nilai secara kontekstual agar pengalaman influencer dapat memberikan dampak optimal.
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
S 15659 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok: Program Studi Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Purchase behavior Beauty Influencer Influencer Marketing Content usefulness |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | NONE |
Deskripsi Fisik | xiii, 115 p. : il. ; 30 cm. |
Info Detail Spesifik | Skripsi |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |