Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
PENGARUH KARAKTERISTIK
BEAUTY INFLUENCER DAN
USEFULNESS OF CONTENT
TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN
PRODUK KECANTIKAN
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Skripsi

Pengaruh Karakteristik Beauty Influencer dan Usefulness of Content Terhadap Perilaku Pembelian Produk Kecantikan

The Influence of Beauty Influencer Characteristics and Content Usefulness on Beauty Product Purchasing Behavior

Chelsea Fitri Putri Ayuni - ; Elevita Yuliati (Pembimbing/Promotor) - ; Sri Daryanti (Penguji) - ; Hapsari setyowardhani (Penguji) - ;

Penelitian ini bertujuan mengkaji bagaimana karakteristik beauty influencer di Instagram yaitu experience, trustworthiness, attractiveness, dan content usefulness yang mempengaruhi perilaku pembelian produk kecantikan oleh konsumen usia 17–35 tahun di Indonesia, serta peran influencer–follower congruence sebagai variabel moderasi. Data diperoleh melalui survei daring yang melibatkan 287 responden dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan IBM SPSS Statstic 30. Hasil penelitian menunjukkan bahwa influencer trustworthiness, dan content usefulness berpengaruh secara positif dalam mempengaruhi perilaku pembelian, sedangkan experience dan influencer attractiviness tidak berdampak signifikan terhadap perilaku pembelian. Selain itu, semua variable influencer follower congruence tidak berpengaruh secara signifikan pada perilaku pembelian. Temuan ini menegaskan bahwa untuk strategi pemasaran influencer, brand perlu lebih mengutamakan kepercayaan dan kualitas konten, serta mempertimbangkan kecocokan nilai secara kontekstual agar pengalaman influencer dapat memberikan dampak optimal.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
S 15659PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekPurchase behavior
Beauty Influencer
Influencer Marketing
Content usefulness
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxiii, 115 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikSkripsi
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?