Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
CONSUMER ACCEPTANCE OF
COMPUTERIZED ORDER-TAKING
SYSTEMS IN JAKARTA
RESTAURANTS: THE ROLE OF
PERCEIVED ANTHROPOMORPHIC
C...
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Skripsi

Consumer Acceptance of Computerized Order-Taking Systems in Jakarta Restaurants: The Role of Perceived Anthropomorphic Characteristics

Penerimaan Konsumen Terhadap Sistem Pemesanan Terkomputerisasi di Restoran Jakarta: Peran Karakteristik Antropomorfik yang Dipersepsikan

Shu Min, Hsu - ; Gita Gayatri (Pembimbing/Promotor) - ; Elevita Yuliati (Penguji) - ; Arga Hananto (Penguji) - ;

Penelitian ini mengkaji faktor-faktor yang memengaruhi penerimaan konsumen terhadap sistem pemesanan terkomputerisasi (COTS) di restoran Jakarta dengan mengintegrasikan Technology Acceptance Model (TAM), Theory of Planned Behavior (TPB), dan karakteristik antropomorfisme yang dipersepsikan. Hasil menunjukkan bahwa karakteristik antropomorfik seperti keramahan dan desain menyerupai manusia tidak secara langsung memengaruhi niat perilaku, namun secara signifikan meningkatkan kualitas interaksi. Kualitas interaksi kemudian memperkuat persepsi terhadap kemudahan penggunaan, kegunaan, norma subjektif, dan kontrol perilaku yang dipersepsikan. Kontrol perilaku yang dipersepsikan menjadi prediktor langsung paling kuat terhadap niat perilaku, sementara sikap dan norma subjektif berpengaruh secara tidak langsung. Secara metodologis, penelitian ini menggunakan penggabungan variabel komposit untuk mengatasi masalah validitas diskriminan. Temuan ini menekankan pentingnya desain yang emosional dan sesuai budaya dalam meningkatkan penerimaan layanan digital, khususnya di masyarakat kolektivistik seperti Indonesia. Penelitian ini juga memperkaya diskursus teoretis dengan menunjukkan bagaimana faktor kognitif, emosional, dan sosial saling berinteraksi dalam membentuk perilaku pengguna.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
S 15666PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Kelas Khusus International Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekBehavioral intention
technology acceptance model (TAM)
Computerized order-taking systems (COTS)
Cultural context
Digital service adoption
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikviii, 202 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikSkripsi
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?