Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
PENGARUH SELF CONGRUENCE DAN
RELIGIOSITY TERHADAP
KECENDERUNGAN UNTUK MEMBELI
BARANG SECARA IMPULSIF
(IMPULSIVE BUYING T...
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Skripsi

Pengaruh Self Congruence dan Religiosity Terhadap Kecenderungan Untuk Membeli Barang Secara Impulsif (Impulsive Buying Tendencies, Studi Kasus terhadap Muslim di Jabodetabek

The Influence of Self Congruence and Religiosity on Impulsive Buying Tendencies, A Case Study of Muslims in Jabodetabek

Muhammad Arkan Askari - ; Sri Rahayu Hijrah Hati (Pembimbing/Promotor) - ; Hapsari setyowardhani (Penguji) - ; Rambat Lupiyoadi (Penguji) - ;

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti pengaruh kesesuaian diri dan religiusitas (baik dalam maupun luar) terhadap kecenderungan impulsif untuk membeli barang di kalangan Muslim di Jabodetabek. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan melihat bagaimana hubungan tersebut mempengaruhi kepuasan hidup, penghindaran risiko, dan materialisme. Data dikumpulkan dari 238 responden Muslim berusia 17 hingga 65 tahun melalui kuesioner online dengan pendekatan kuantitatif dan metode Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesesuaian diri berdampak positif pada materialisme dan kecenderungan pembelian impulsif, sementara religiusitas intrinsik dan ekstrinsik berdampak negatif pada kedua faktor tersebut. Selain itu, terbukti bahwa materialisme, penghindaran risiko, dan kepuasan hidup berperan sebagai mediator penting dalam hubungan antara religiusitas dan membeli secara impulsif. Hasilnya menunjukkan bahwa faktor psikologis dan nilai religius memainkan peran penting dalam memengaruhi perilaku konsumsi, terutama dalam masyarakat Muslim di kota-kota. Kesimpulan ini dapat digunakan oleh pelaku bisnis untuk membuat strategi pemasaran yang lebih berfokus pada nilai-nilai religius konsumen.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
S 15672PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Bisnis Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekReligiosity
Life Satisfaction
Materialism
Risk aversion
Impulsive buying
Self-Congruence
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxiv, 111 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikSkripsi
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?