Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
HARNESSING THE DIGITAL
INCLUSION: EFFECTS ON
MIDDLE-CLASS HOUSEHOLD
TOURISM CONSUMPTION IN
INDONESIA
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Skripsi

Harnessing The Digital Inclusion: Effects On Middle-Class Household Tourism Consumption In Indonesia

Mendorong Inklusi Digital: Efek terhadap Konsumsi Pariwisata Rumah Tangga Kelas Menengah di Indonesia

Zulfandi Yahya - ; Chaikal Nuryakin (Pembimbing/Promotor) - ; Hera Susanti (Penguji) - ; Witri Indriyani (Penguji) - ;

Studi ini menganalisis dampak inklusi digital terhadap konsumsi pariwisata di kalangan rumah tangga kelas menengah di Indonesia, yang merupakan segmen utama untuk pertumbuhan sektor pariwisata, sejalan dengan temuan Kementerian Pariwisata. Menggunakan data gabungan dari Survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) 2019 dan 2022, penelitian ini menggunakan model Tobit untuk menganalisis hubungan antara inklusi digital — diukur pada dimensi aksesibilitas (tingkat pertama) dan penggunaan (tingkat kedua) — dengan pengeluaran pariwisata per kapita rumah tangga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inklusi digital secara signifikan meningkatkan konsumsi pariwisata, dengan efek yang lebih kuat terlihat pada rumah tangga kelas menengah atas dibandingkan dengan kelas menengah bawah, menunjukkan bahwa kapasitas finansial memengaruhi tingkat manfaat digital yang dirasakan pada sektor pariwisata. Untuk memperkuat kausalitas, pendekatan Variabel Instrumental (IV), yang memanfaatkan jumlah operator telekomunikasi di setiap wilayah, mengonfirmasi peran positif inklusi digital dalam meningkatkan pengeluaran pariwisata. Selain itu, faktor intrapersonal dan interpersonal ditemukan secara signifikan mempengaruhi permintaan pariwisata. Analisis mediasi lebih lanjut mengeksplorasi mekanisme yang menghubungkan inklusi digital dengan konsumsi pariwisata, dengan fokus pada akses informasi sebagai mediator utama. Hasil menunjukkan bahwa inklusi digital yang lebih tinggi meningkatkan paparan terhadap informasi terkait pariwisata, mengurangi tingkat ketidakpastian, dan mendorong konsumsi pariwisata yang lebih tinggi. Hal ini menyoroti pentingnya elemen digital dalam memfasilitasi pilihan pariwisata, terutama dalam industri yang didorong oleh informasi. Studi ini menekankan perlunya pembuat kebijakan memprioritaskan tidak hanya perluasan infrastruktur digital tetapi juga peningkatan literasi dan penggunaan digital untuk memaksimalkan konsumsi pariwisata.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
S 15682PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekDigital inclusion
Digital Usage
Information Access
Middle-Class Households
Tourism Consumption
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxii, 73 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikSkripsi
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?