Skripsi
Peran Mega dan Mikro Influencer dalam Membangun Keterlibatan Merek di Media Sosial: Studi Kasus Industri Kecantikan di Indonesia
Penelitian ini bertujuan mengkaji peran influencer mega dan mikro dalam membentuk brand engagement melalui media sosial serta dampaknya terhadap purchase intention konsumen di industri kecantikan Indonesia. Dengan meningkatnya penggunaan influencer marketing di kalangan Generasi Z, fokus penelitian ini adalah bagaimana persepsi terhadap influencer memengaruhi brand engagement in self-concept, brand expected value, dan niat beli.Pendekatan kuantitatif digunakan melalui penyebaran kuesioner daring kepada 205 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi terhadap influencer berpengaruh signifikan terhadap keterikatan merek dalam konsep diri dan niat beli. Brand engagement juga terbukti memengaruhi persepsi nilai merek dan purchase intention secara positif. Selain itu, nilai merek yang diharapkan berkontribusi langsung terhadap peningkatan niat beli konsumen. Namun, analisis multigrup menunjukkan tidak ada perbedaan signifikan antara influencer mega dan mikro dalam memengaruhi keputusan konsumen. Ini mengindikasikan bahwa efektivitas influencer tidak hanya bergantung pada jumlah pengikut, melainkan juga pada persepsi keaslian dan relevansi mereka terhadap audiens.
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
S 15685 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok: Program Studi Kelas Khusus International Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Purchase intention Beauty industry Brand Expected Value Brand Engagement in Self Concept Perceived Influence Mega Influencers Micro Influencers |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | NONE |
Deskripsi Fisik | xvi, 133 p. : il. ; 30 cm. |
Info Detail Spesifik | Skripsi |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |