Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
THE ROLE OF MEGA AND MICRO
INFLUENCERS ON ESTABLISHING
BRAND ENGAGEMENT ON SOCIAL
MEDIA : THE CASE OF BEAUTY
INDUSTRY IN...
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Skripsi

The Role of Mega and Micro Influencers on Establishing Brand Engagement on Social Media : The Case of Beauty Industry in Indonesia

Peran Mega dan Mikro Influencer dalam Membangun Keterlibatan Merek di Media Sosial: Studi Kasus Industri Kecantikan di Indonesia

Felisha Niquita Fuadillah - ; Yeshika Alversia (Pembimbing/Promotor) - ; Karto Adiwijaya (Penguji) - ; Ira Iriyanty (Penguji) - ;

Penelitian ini bertujuan mengkaji peran influencer mega dan mikro dalam membentuk brand engagement melalui media sosial serta dampaknya terhadap purchase intention konsumen di industri kecantikan Indonesia. Dengan meningkatnya penggunaan influencer marketing di kalangan Generasi Z, fokus penelitian ini adalah bagaimana persepsi terhadap influencer memengaruhi brand engagement in self-concept, brand expected value, dan niat beli.Pendekatan kuantitatif digunakan melalui penyebaran kuesioner daring kepada 205 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi terhadap influencer berpengaruh signifikan terhadap keterikatan merek dalam konsep diri dan niat beli. Brand engagement juga terbukti memengaruhi persepsi nilai merek dan purchase intention secara positif. Selain itu, nilai merek yang diharapkan berkontribusi langsung terhadap peningkatan niat beli konsumen. Namun, analisis multigrup menunjukkan tidak ada perbedaan signifikan antara influencer mega dan mikro dalam memengaruhi keputusan konsumen. Ini mengindikasikan bahwa efektivitas influencer tidak hanya bergantung pada jumlah pengikut, melainkan juga pada persepsi keaslian dan relevansi mereka terhadap audiens.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
S 15685PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Kelas Khusus International Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekPurchase intention
Beauty industry
Brand Expected Value
Brand Engagement in Self Concept
Perceived Influence
Mega Influencers
Micro Influencers
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxvi, 133 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikSkripsi
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?