Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
DAMPAK KEHADIRAN BANDARA
TERHADAP INTENSITAS URBAN
HEAT ISLAND DAERAH SEKITAR
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Skripsi

Dampak Kehadiran Bandara Terhadap Intensitas Urban Heat Island Daerah Sekitar

The Impact of Airport Presence on the Urban Heat Island Intensity in Surrounding Areas

Fikry Zaky Nazira Arya - ; Muhammad Halley Yudhistira (Pembimbing/Promotor) - ; Chaikal Nuryakin (Penguji) - ; Witri Indriyani (Penguji) - ;

Bandara, sebagai infrastruktur transportasi, dapat menyebabkan peningkatan lahan terbangun dan aktivitas ekonomi, yang berkontribusi pada fenomena peningkatan Urban Heat Island (UHI). Dalam mengukur aksesibilitas transportasi udara, digunakan Air Access Index (AAI), yang mempertimbangkan jarak tempuh darat, jarak penerbangan, dan potensi ekonomi bandara tujuan. Sementara itu, Intensitas UHI diukur menggunakan Land Surface Temperature (LST) dari data citra satelit pada resolusi spasial desa/kelurahan. Penelitian ini bertujuan untuk memahami hubungan antara kehadiran bandara yang dan UHI di tingkat desa melalui metode regresi data panel untuk 5 unit tahun sepanjang 2011-2023. Hasil estimasi menunjukkan koefisien AAI yang positif dan signifikan pada model baseline, mengindikasikan korelasi positif antara aksesibilitas udara dan peningkatan suhu (UHI). Namun, hasil yang berbeda ditemukan dalam analisis heterogenitas antar pulau. Pada sub-sampel Pulau Jawa dan Sumatera, koefisien AAI bernilai negatif dan signifikan, menunjukkan penurunan suhu seiring peningkatan akses udara. Hasil yang konsisten dengan model baseline ditemukan di Pulau Sunda Kecil (Bali, NTB, NTT), Kalimantan, dan Sulawesi. Sementara itu, di Pulau Maluku dan Papua, koefisien AAI tidak signifikan, menunjukkan tidak ada dampak nyata dari peningkatan aksesibilitas udara terhadap UHI. Perbedaan ini mencerminkan variasi kontekstual yang dipengaruhi oleh karakteristik geografi, tingkat urbanisasi, kepadatan penduduk, serta kualitas infrastruktur di masing-masing wilayah.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
S 15703PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekAirport
Panel data regression
Urban Heat Island
Air Access Index
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxiii, 50 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikSkripsi
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?