Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
COMPULSIVE BUYING IN TRENDY
TUMBLER BRANDS: THE ROLE OF
FEAR OF MISSING OUT AND
BRAND PASSION (INSIGHTS FROM
INDONESIA)
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Skripsi

Compulsive Buying in Trendy Tumbler Brands: The Role of Fear of Missing Out and Brand Passion (Insights from Indonesia)

Pembelian Kompulsif pada Merek Tumbler yang Sedang Tren: Peran Fear of Missing Out dan Brand Passion (Wawasan dari Indonesia)

Muhammad Kevin Halim - ; Karto Adiwijaya (Pembimbing/Promotor) - ; Elevita Yuliati (Penguji) - ; Ulian Taurin Malik (Penguji) - ;

Penelitian ini mengkaji peran Fear of Missing Out (FoMO) dan Brand Passion dalam perilaku pembelian kompulsif pada merek tumbler yang sedang tren di Indonesia. Model penelitian ini mengadaptasi dari penelitian sebelumnya, dengan modifikasi pada unit analisis, studi kasus, dan sampel responden untuk lebih sesuai dengan konteks produk tumbler yang sedang tren. Desain penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif konklusif digunakan, dengan mengumpulkan data primer melalui kuesioner elektronik yang didistribusikan melalui Google Forms. Metode sampling non-probabilitas, khususnya judgmental sampling, digunakan untuk mengumpulkan respons dari 201 peserta yang telah membeli merek tumbler yang sedang tren seperti Corkcicle, Hydroflask, Stanley, atau Owala dalam tiga tahun terakhir. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan perangkat lunak SPSS dan SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa FoMO berpengaruh signifikan terhadap Obsessive Brand Passion, yang pada gilirannya berpengaruh signifikan terhadap perilaku pembelian impulsif dan pembelian obsesif-kompulsif. Namun, Harmonious Brand Passion tidak menunjukkan pengaruh signifikan terhadap perilaku pembelian ini. Penelitian ini juga mengonfirmasi bahwa FoMO memediasi hubungan antara Obsessive Brand Passion dan kecenderungan pembelian kompulsif, dengan usia memoderasi pengaruh FoMO terhadap Obsessive Brand Passion.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
S 15717PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Kelas Khusus International Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekConsumer behavior
Impulsive buying
Harmonious brand passion
Fear of Missing Out (FoMO)
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxviii, 123 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikSkripsi
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?