Skripsi
Pembelian Kompulsif pada Merek Tumbler yang Sedang Tren: Peran Fear of Missing Out dan Brand Passion (Wawasan dari Indonesia)
Penelitian ini mengkaji peran Fear of Missing Out (FoMO) dan Brand Passion dalam perilaku pembelian kompulsif pada merek tumbler yang sedang tren di Indonesia. Model penelitian ini mengadaptasi dari penelitian sebelumnya, dengan modifikasi pada unit analisis, studi kasus, dan sampel responden untuk lebih sesuai dengan konteks produk tumbler yang sedang tren. Desain penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif konklusif digunakan, dengan mengumpulkan data primer melalui kuesioner elektronik yang didistribusikan melalui Google Forms. Metode sampling non-probabilitas, khususnya judgmental sampling, digunakan untuk mengumpulkan respons dari 201 peserta yang telah membeli merek tumbler yang sedang tren seperti Corkcicle, Hydroflask, Stanley, atau Owala dalam tiga tahun terakhir. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan perangkat lunak SPSS dan SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa FoMO berpengaruh signifikan terhadap Obsessive Brand Passion, yang pada gilirannya berpengaruh signifikan terhadap perilaku pembelian impulsif dan pembelian obsesif-kompulsif. Namun, Harmonious Brand Passion tidak menunjukkan pengaruh signifikan terhadap perilaku pembelian ini. Penelitian ini juga mengonfirmasi bahwa FoMO memediasi hubungan antara Obsessive Brand Passion dan kecenderungan pembelian kompulsif, dengan usia memoderasi pengaruh FoMO terhadap Obsessive Brand Passion.
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
S 15717 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok: Program Studi Kelas Khusus International Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Consumer behavior Impulsive buying Harmonious brand passion Fear of Missing Out (FoMO) |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | NONE |
Deskripsi Fisik | xviii, 123 p. : il. ; 30 cm. |
Info Detail Spesifik | Skripsi |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |