Skripsi
Peran Kongruensi Self-Influencer, Identifikasi Parasosial, dan Motif-motif Persepsi Untuk Memenuhi Sendiri Dalam Membentuk Kepercayaan Konsumen Terhadap Merek Perawatan Kulit
Studi ini menganalisis bagaimana self–influencer congruence memengaruhi kepercayaan merek untuk produk dengan keterlibatan tinggi seperti perawatan kulit, yang sangat dipengaruhi oleh para pemimpin opini media sosial. Mengikuti model yang diajukan oleh Shan et al. (2020), penelitian ini mengkaji dampak langsung terhadap kepercayaan merek dan dampak tidak langsung melalui parasocial identification sambil menilai perceived self-serving motives sebagai faktor moderasi. Sebuah kuesioner daring yang dilakukan di Indonesia menghasilkan sampel sebanyak 300 tanggapan valid, yang dianalisis menggunakan SEM-PLS. Temuan utama mengungkapkan bahwa self–influencer congruence berdampak kuat dan positif terhadap parasocial identification dan kepercayaan merek. Selain itu, ditemukan bahwa parasocial identification memiliki pengaruh dalam meningkatkan kepercayaan merek. Penelitian ini juga menemukan bahwa parasocial identification memediasi hubungan positif antara self–influencer congruence dan kepercayaan merek. Lebih lanjut, kami menemukan bahwa perceived self-serving motives tidak secara negatif memoderasi pengaruh parasocial identification terhadap kepercayaan merek, yang bertentangan dengan apa yang diharapkan. Penelitian ini menambah wacana pemasaran influencer dan hubungan parasosial seputar kepercayaan terutama dalam konteks produk dengan keterlibatan tinggi sambil memberikan wawasan kepada pemasar tentang cara memanfaatkan pendukung merek untuk menumbuhkan kepercayaan dan kredibilitas.
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
S 15724 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok: Program Studi Kelas Khusus International Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Brand trust Skincare Influencer Marketing Parasocial identification |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | NONE |
Deskripsi Fisik | xi, 96 p. : il. ; 30 cm. |
Info Detail Spesifik | Skripsi |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |