Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
INTENSI PEMBELIAN BARANG
OLAHRAGA PALSU DI KALANGAN
KONSUMEN MUSLIM DI
JABODETABEK
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Skripsi

Intensi Pembelian Barang Olahraga Palsu Di Kalangan Konsumen Muslim Di Jabodetabek

Purchase Intention of Counterfeit Sports Goods Among Muslim Consumers in Jabodetabek

Syahrafif Amanullah Putra Sulaiman - ; Arga Hananto (Pembimbing/Promotor) - ; Karto Adiwijaya (Penguji) - ; Nissa Ghulma Ratnasari (Penguji) - ;

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis intensi pembelian barang olahraga tiruan di kalangan konsumen Muslim di wilayah Jabodetabek dengan menggunakan pendekatan Theory of Planned Behavior (TPB). Penelitian ini menghubungkan religiusitas dengan persepsi risiko untuk menjelaskan bagaimana nilai keagamaan dapat membentuk sikap dan perilaku konsumsi terhadap produk tiruan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM), melibatkan 201 responden Muslim yang memiliki pengalaman atau potensi dalam membeli barang olahraga tiruan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap, norma subjektif, kontrol perilaku yang dirasakan, dan kesadaran merek berpengaruh signifikan terhadap intensi pembelian. Religiusitas berperan dalam membentuk sikap, norma subjektif, dan persepsi risiko konsumen. Selain itu, persepsi risiko ditemukan memediasi pengaruh religiusitas terhadap niat pembelian, yang menunjukkan bahwa konsumen yang lebih religius cenderung memiliki persepsi risiko yang lebih tinggi terhadap pembelian produk palsu atau tiruan, sehingga menurunkan intensi pembelian. Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis dalam memperkaya literatur TPB dengan mengintegrasikan nilai religius, serta kontribusi praktis bagi produsen dan pemangku kebijakan dalam menyusun strategi edukatif dan pemasaran etis.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
S 15735PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Bisnis Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekTheory of Planned Behavior
Perceived risk
Religiosity
Muslim Consumers
Counterfeit products
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxv, 162 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikSkripsi
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?