Skripsi
Dampak Twitter terhadap Pemungutan Suara: Sebuah Studi tentang Pemilihan Presiden di Jawa
Penelitian ini mengkaji bagaimana keterlibatan di media sosial memengaruhi dukungan elektoral untuk Kandidat 1 pada Pemilihan Presiden Indonesia 2024, dengan fokus pada kesenjangan infrastruktur digital di Pulau Jawa. Berdasarkan analisis regresi pada 119 kota dan kabupaten, hasil menunjukkan bahwa peningkatan satu deviasi standar dalam jumlah likes di Twitter berhubungan dengan kenaikan sekitar 4,2 poin persentase pada perolehan suara Kandidat 1 di wilayah dengan infrastruktur digital tinggi (p < 0,01) dan sekitar 7,7 poin persentase di wilayah yang lebih kecil atau dengan konektivitas digital rendah (p < 0,05). Keterlibatan melalui jumlah views juga menunjukkan pengaruh positif yang signifikan. Hubungan ini tetap signifikan meskipun dikontrol dengan variabel sosio-ekonomi dan demografis seperti tingkat pengangguran, pendidikan, dominasi sektor pertanian, dan faktor religiusitas. Penelitian ini memiliki keterbatasan berupa potensi error dalam pelokalan geografis interaksi Twitter dan desain observasional yang tidak memungkinkan penarikan kesimpulan kausal. Temuan ini menegaskan bahwa media sosial dapat memperkuat dukungan elektoral, khususnya di daerah dengan kesenjangan digital, sehingga diperlukan strategi kampanye digital yang adaptif serta peningkatan literasi politik masyarakat.
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
S 15737 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok: Program Studi Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Social media Presidential election Political Communication Java Island Twitter engagement |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | NONE |
Deskripsi Fisik | ix, 67 p. : il. ; 30 cm. |
Info Detail Spesifik | Skripsi |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |