Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
TWITTER’S IMPACT ON
VOTING: A STUDY OF JAVA’S
PRESIDENTIAL ELECTION
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Skripsi

Twitter’s Impact on Voting: A Study of Java’s Presidential Election

Dampak Twitter terhadap Pemungutan Suara: Sebuah Studi tentang Pemilihan Presiden di Jawa

Malinda Rachel Lasromauli - ; Ibrahim Kholilul Rohman (Pembimbing/Promotor) - ; Muhammad Halley Yudhistira (Penguji) - ; Suryadi (Penguji) - ;

Penelitian ini mengkaji bagaimana keterlibatan di media sosial memengaruhi dukungan elektoral untuk Kandidat 1 pada Pemilihan Presiden Indonesia 2024, dengan fokus pada kesenjangan infrastruktur digital di Pulau Jawa. Berdasarkan analisis regresi pada 119 kota dan kabupaten, hasil menunjukkan bahwa peningkatan satu deviasi standar dalam jumlah likes di Twitter berhubungan dengan kenaikan sekitar 4,2 poin persentase pada perolehan suara Kandidat 1 di wilayah dengan infrastruktur digital tinggi (p < 0,01) dan sekitar 7,7 poin persentase di wilayah yang lebih kecil atau dengan konektivitas digital rendah (p < 0,05). Keterlibatan melalui jumlah views juga menunjukkan pengaruh positif yang signifikan. Hubungan ini tetap signifikan meskipun dikontrol dengan variabel sosio-ekonomi dan demografis seperti tingkat pengangguran, pendidikan, dominasi sektor pertanian, dan faktor religiusitas. Penelitian ini memiliki keterbatasan berupa potensi error dalam pelokalan geografis interaksi Twitter dan desain observasional yang tidak memungkinkan penarikan kesimpulan kausal. Temuan ini menegaskan bahwa media sosial dapat memperkuat dukungan elektoral, khususnya di daerah dengan kesenjangan digital, sehingga diperlukan strategi kampanye digital yang adaptif serta peningkatan literasi politik masyarakat.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
S 15737PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekSocial media
Presidential election
Political Communication
Java Island
Twitter engagement
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikix, 67 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikSkripsi
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?