Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
PENGARUH JENJANG PENDIDIKAN
SMK DAN D4/S1 TERHADAP
TINGKAT UPAH DI SEKTOR
TEKNOLOGI, INFORMASI, DAN
KOMUNIKASI (TIK) DI ...
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Skripsi

Pengaruh Jenjang Pendidikan SMK dan D4/S1 terhadap Tingkat Upah di Sektor Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (TIK) di Indonesia

The Effect of Vocational High School and Diploma/Bachelor’s Education on Wage Levels in the Information and Communication Technology (ICT) Sector in Indonesia

Cahya Cinta Oktavia - ; Thia Jasmina (Pembimbing/Promotor) - ; Riatu Mariatul Qibthiyyah (Penguji) - ; Ashintya Damayati (Penguji) - ;

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh jenjang pendidikan,

khususnya lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Diploma/Sarjana (D4/S1),

terhadap tingkat upah di sektor Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (TIK) di

Indonesia. Sektor TIK, sebagai salah satu pendorong utama transformasi digital nasional,

menunjukkan pertumbuhan pesat dalam kontribusi ekonomi dan permintaan terhadap

tenaga kerja berketerampilan tinggi. Namun demikian, masih terdapat kesenjangan

keterampilan dan upah antara lulusan pendidikan vokasional dan akademik yang belum

sepenuhnya dipahami secara spesifik di sektor ini.

Penelitian ini menggunakan data Survei Angkatan Kerja Nasional (SAKERNAS)

tahun 2024 dan menerapkan pendekatan kuantitatif melalui model Mincerian Wage

Equation yang diselesaikan dengan metode OLS. Dua model estimasi yang digunakan:

model pertama menggunakan variabel dummy jenjang pendidikan (SMK vs D4/S1) ,

sedangkan model kedua menggunakan variabel lama tahun sekolah.

Hasil analisis menunjukkan bahwa lulusan D4/S1 memperoleh upah sekitar 30%

lebih tinggi dibandingkan lulusan SMK di sektor TIK. Selain itu, setiap tambahan satu

tahun pendidikan meningkatkan upah sebesar 3,99%.. Variabel kontrol seperti

pengalaman kerja, jenis kelamin, status perkawinan, status formal, usia, dan lokasi

geografis juga memiliki pengaruh signifikan terhadap tingkat upah. Temuan penting

lainnya adalah adanya ketimpangan upah berbasis gender yang cukup besar meskipun

proporsi perempuan di sektor TIK cukup tinggi.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
S 15738PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekWages
Educational Attainment
ICT sector
SAKERNAS 2024
Mincerian Wage Equation
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikx, 71 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikSkripsi
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?