Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
GOOGLE REVIEW CREDIBILITY:
THE EFFECTS OF GOOGLE
REVIEWS ON THE ADOPTION OF
RESTAURANT CHOICES AMONG
CONSUMERS IN THE JA...
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Skripsi

Google Review Credibility: The Effects of Google Reviews on the Adoption of Restaurant Choices Among Consumers in the Jabodetabek Area

Kredibilitas Google Review: Pengaruh Google Review terhadap Adopsi Pilihan Restoran di Kalangan Konsumen Wilayah Jabodetabek

Nathanael Hotma Prasetya - ; Ira Iriyanty (Pembimbing/Promotor) - ; Agung Nugroho (Pembimbing/Promotor) - ; Aswin Dewanto Hadisumarto (Penguji) - ;

Penelitian ini menyelidiki pengaruh faktor informasional dan normatif terhadap evaluasi kredibilitas Google Review dan bagaimana kredibilitas tersebut memengaruhi keputusan adopsi konsumen di industri restoran, khususnya di wilayah Jabodetabek, Indonesia. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif melalui 221 respons valid dan analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM), temuan menunjukkan bahwa pengetahuan awal penerima, ketepatan waktu, relevansi, dan keberpihakan secara signifikan memengaruhi persepsi terhadap kredibilitas ulasan. Sebaliknya, kualitas ulasan, konsistensi, dan rating keseluruhan ditemukan tidak signifikan. Studi ini juga mengonfirmasi bahwa kredibilitas yang dirasakan memiliki pengaruh kuat dan positif terhadap adopsi ulasan. Temuan ini menekankan pentingnya bagi bisnis untuk secara strategis mengelola ekosistem ulasan daring mereka, dengan fokus pada kualitas dan konsistensi konten daripada sekadar angka rating. Penelitian ini menawarkan rekomendasi praktis bagi pemasar, platform Google Review, dan institusi akademik, serta menyoroti perlunya instrumen yang disesuaikan secara budaya dan analisis demografis yang lebih terarah dalam studi selanjutnya.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
S 15744PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Kelas Khusus International Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekConsumer behavior
structural equation modeling (SEM)
Google Reviews
Credibility Evaluation
Review Adoption
Online Review Management
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxi, 90 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikSkripsi
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?