Text
Studi hubungan pemasaran relasional dalam membentuk loyalitas : penelitian pada bisnis diagnostik di Jakarta
Penelitian ini membahas hubungan antara antaseden strategi pemasaran relasional yang diproksi kedalam variabel relationship benefits, seller expertise, communication, similarity, interaction frequency, dan conflict dengan loyalitas pelanggan yang diproksi kedalam variabel individual fortitude, expectancy of continuity, word of mouth, dan cooperation, melalui variabel mediator relationship satisfaction, trust, dan relationship quality. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis hubungan antara antaseden strategi pemasaran relasional dengan relationship satisfaction, trust, dan relationship quality, serta menganalisis hubungannya dengan relationship outcomes sebagai pembentuk loyalitas pelangan. Hasil penelitian ini menemukan bahwa variabel outcomes pemasaran relasional individual fortitude dipengaruhi secara tidak langsung oleh variabel seller expertise, similarity, interaction frequency, conflict dan secara langsung memiliki hubungan dengan variabel mediator trust dan relationship quality. Sementara itu variabel expectation of continuity dipengaruhi secara tidak langsung oleh variabel relationship benefit, seller expertise, communication, similarity, interaction frequency dan conflict melalui mediasi relasional relationship satisfaction, trust dan relationship quality. Selanjutnya variabel word of mouth memiliki hubungan tidak langsung dengan variabel seller expertise, similarity, interaction frequency dan conflict melalui variabel mediator trust dan relationship quality. Dan terakhir variabel cooperation memiliki pengaruh secara tidak langsung oleh variabel relationship benefit, communication, similarity, interaction frequency dan conflict melalui mediasi variabel relationship satisfaction dan relationship quality. Hasil penelitian ini menyarankan agar distributor alat diagnostik lebih meningkatkan hubungan relasional melalui pengelolaan konflik dengan efektif sehingga mampu memberikan pengaruh positif untuk meningkatkan kualitas hubungan dengan pelanggan. Yang pada akhirnya akan meningkatkan loyalitas pelanggan dalam bentuk kesediaan merekomendasikan hal positif tentang distributor ke konsumen lainAda tabel
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
T 131/13 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok Program Pascasarjana Ilmu Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia., 2013 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Marketing strategy Consumer loyalty Relationship marketing Relationship satisfaction Relationship quality |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | xv, 226 p. : il, ; 30 cm |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |