Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
STREET FOOD BAZAR RAMADAN:
PENGARUH VISUAL AND
OLFACTORY SENSORY CUES
TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN
DAN KEPUASAN KONSUMEN ...
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Skripsi

Street Food Bazar Ramadan: Pengaruh Visual and Olfactory Sensory Cues terhadap Perilaku Pembelian dan Kepuasan Konsumen Muslim

Ramadan Street Food Bazaar: The Effect of Visual and Olfactory Sensory Cues on Muslim Consumers Purchase Behavior and Satisfaction

Ayu Farras Hafizhah - ; Gita Gayatri (Pembimbing/Promotor) - ; Imam Salehudin (Penguji) - ; Arga Hananto (Penguji) - ;

Bazar Ramadan adalah kegiatan tahunan yang diminati oleh konsumen muslim dan pelaku UMKM. Konsumen
muslim biasanya mengandalkan indra penglihatan, penciuman, dan indra perasa mereka saat ingin membeli
makanan/minuman. Namun dalam konteks bulan Ramadan, dimana konsumen muslim sedang berpuasa mereka
tidak mampu menggunakan indra perasanya karena sedang melakukan ibadah berpuasa. Penelitian ini mengkaji
pengaruh visual sensory dan olfactory cues terhadap perilaku pembelian dan kepuasan konsumen muslim generasi
Milenial dan Gen Z di Indonesia pada pembelian di Bazar Ramadan. Dengan data primer dari 297 responden, data
dianalisis dengan metode Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dan dibantu oleh
perangkat lunak SmartPLS4. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa visual cues of appearance dan olfactory
cues berpengaruh signifikan terhadap perilaku pembelian, sementara visual cues of texture, visual cues of taste,
dan olfactory cues berpengaruh pada kepuasan konsumen. Namun, visual cues of appearance tidak berpengaruh
pada kepuasan, dan visual cues of texture tidak berpengaruh pada perilaku pembelian.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
S 15754PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Bisnis Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekConsumer satisfaction
Purchase behaviour
sensory cues
Ramadan bazaar
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxv, 170 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikSkripsi
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?