Skripsi
Ramadan Street Food Bazaar: The Effect of Visual and Olfactory Sensory Cues on Muslim Consumers Purchase Behavior and Satisfaction
Bazar Ramadan adalah kegiatan tahunan yang diminati oleh konsumen muslim dan pelaku UMKM. Konsumen
muslim biasanya mengandalkan indra penglihatan, penciuman, dan indra perasa mereka saat ingin membeli
makanan/minuman. Namun dalam konteks bulan Ramadan, dimana konsumen muslim sedang berpuasa mereka
tidak mampu menggunakan indra perasanya karena sedang melakukan ibadah berpuasa. Penelitian ini mengkaji
pengaruh visual sensory dan olfactory cues terhadap perilaku pembelian dan kepuasan konsumen muslim generasi
Milenial dan Gen Z di Indonesia pada pembelian di Bazar Ramadan. Dengan data primer dari 297 responden, data
dianalisis dengan metode Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dan dibantu oleh
perangkat lunak SmartPLS4. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa visual cues of appearance dan olfactory
cues berpengaruh signifikan terhadap perilaku pembelian, sementara visual cues of texture, visual cues of taste,
dan olfactory cues berpengaruh pada kepuasan konsumen. Namun, visual cues of appearance tidak berpengaruh
pada kepuasan, dan visual cues of texture tidak berpengaruh pada perilaku pembelian.
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
S 15754 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok: Program Studi Bisnis Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Consumer satisfaction Purchase behaviour sensory cues Ramadan bazaar |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | NONE |
Deskripsi Fisik | xv, 170 p. : il. ; 30 cm. |
Info Detail Spesifik | Skripsi |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |