Skripsi
Halal Chinese Food Purchase Behavior Among Millenials and Generation Z in Indonesia: An Extended Theory of Planned Behavior Approach
Permintaan makanan halal di Indonesia terus meningkat seiring tumbuhnya kesadaran konsumen Muslim, termasuk pada Chinese food yang populer namun masih menghadapi tantangan kehalalan. Penelitian ini menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi perilaku pembelian halal Chinese food dengan menggunakan model Theory of Planned Behavior (TPB) yang diperluas untuk memahami perilaku konsumen Milenial dan Gen Z. Data diperoleh melalui survei online dengan self-administered questionnaire dan dianalisis menggunakan PLS-SEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perceived behavioral control berpengaruh signifikan dan positif terhadap attitude dan purchase behavior, namun tidak berpengaruh signifikan terhadap purchase intention. Sementara itu, attitude, subjective norms, dan trust memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap purchase intention. Meskipun trust tidak berpengaruh signifikan terhadap attitude, variabel religiosity, subjective norms, trust, dan halal awareness tetap memberikan pengaruh signifikan dan positif terhadap attitude. Selain itu, halal certificate juga memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap trust. Temuan ini menekankan pentingnya faktor psikologis dan nilai keagamaan dalam memengaruhi keputusan konsumen terhadap produk halal, khususnya pada kategori halal Chinese food di Indonesia.
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
S 15756 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok: Program Studi Bisnis Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Halal food Religiosity Halal certificate Millenial generation Generation Z Halal Awareness muslim consumer behavior PLS-SEM Chinese food |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | NONE |
Deskripsi Fisik | xv, 183 p. : il. ; 30 cm. |
Info Detail Spesifik | Skripsi |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |