Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
CHARACTERISTICS OF SOCIAL
MEDIA CONTENT AND THEIR
EFFECTS ON CASUAL DINING
RESTAURANTS IN SOUTH JAKARTA
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Skripsi

Characteristics Of Social Media Content And Their Effects On Casual Dining Restaurants In South Jakarta

Karakteristik Konten Media Sosial Dan Dampaknya Terhadap Restoran Kasual Di Jakarta Selatan

Zahran Putra Dhimukti - ; Sri Daryanti (Pembimbing/Promotor) - ; Ira Iriyanty (Penguji) - ; Sri Rahayu Hijrah Hati (Penguji) - ;

Dalam era digital saat ini, platform media sosial telah menjadi alat penting untuk memengaruhi keputusan konsumen, terutama dalam industri makanan dan minuman. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana karakteristik tertentu dari konten media sosial yaitu kegunaan, keaslian, konsensus sosial, dan estetika mempengaruhi sikap dan niat perilaku konsumen terhadap restoran kasual di Jakarta Selatan. Penelitian ini mengkaji pembentukan sikap yang berbasis kognitif dan afektif, serta bagaimana sikap tersebut membentuk persepsi merek dan memengaruhi niat konsumen untuk mengunjungi atau merekomendasikan sebuah restoran.
Data dikumpulkan dari 240 pengguna media sosial yang secara rutin mengunjungi di restoran kasual di Jakarta Selatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keempat karakteristik konten secara signifikan memengaruhi sikap konsumen, dengan sikap berbasis kognitif memiliki pengaruh yang lebih kuat terhadap sikap terhadap merek dan niat perilaku dibandingkan dengan sikap berbasis afektif. Namun, studi ini juga mengungkap bahwa sikap berbasis afektif dan sikap terhadap merek saja bukanlah prediktor yang kuat terhadap niat perilaku kecuali didukung oleh keterlibatan kognitif. Temuan ini memberikan kontribusi baik secara teoritis maupun praktis, dengan menawarkan wawasan yang dapat diterapkan bagi pemasar restoran untuk mengembangkan strategi konten yang efektif dan persuasif di lanskap digital yang sangat kompetitif.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
S 15761PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Kelas Khusus International Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekBehavioral intention
Brand attitude
Affect-Based Attitude
Cognition-Based Attitude
Social Media Content
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxiv, 158 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikSkripsi
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?