Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
ANALISIS PENGARUH VIRTUAL
TRY-ON TERHADAP BEHAVIORAL
INTENTION WARDAH BEAUTY PADA
KONSUMEN MUSLIMAH GEN Z DI
INDONESIA
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Skripsi

Analisis Pengaruh Virtual Try-On terhadap Behavioral Intention Wardah Beauty pada Konsumen Muslimah Gen Z di Indonesia

Analysis The Effect of Virtual Try-On on Behavioral Intention of Wardah Beauty Among Gen Z Muslimah Consumers in Indonesia

Amarilycia Putri Rinaldi - ; Gita Gayatri (Pembimbing/Promotor) - ; Imam Salehudin (Penguji) - ; Arga Hananto (Penguji) - ;

Kemajuan teknologi digital telah mendorong pertumbuhan pesat industri e-commerce di Indonesia, termasuk dalam sektor kosmetik halal. Di tengah dominasi gen Z sebagai pengguna digital terbesar, pengalaman belanja online menjadi kebutuhan utama, meskipun masih terdapat kendala berupa keterbatasan dalam kesesuaian ketika memilih produk kosmetik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran teknologi wardah colour intelligence sebagai inovasi berbasis virtual try-on (VTO) dalam membentuk perceived value, serta pengaruhnya terhadap purchase intention, continuous intention dan recommendation intention bagi konsumen muslimah gen Z di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode SEM-PLS yang diolah menggunakan SmartPLS4, berdasarkan data kuesioner dari 193 responden muslimah berusia 18-27 tahun yang pernah menggunakan fitur wardah colour intelligence. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wardah colour intelligence memiliki pengaruh signifikan terhadap perceived value, purchase intention, continuous intention dan recommendation intention. Selain itu, pengaruh interactivity, personal innovativeness, privacy concern, perceived usefulness, perceived enjoyment dan perceived intrusiveness dalam membentuk perceived value, yang selanjutnya berdampak pada intensi pembelian, penggunaan berkelanjutan dan intensi rekomendasi. Penelitian ini juga menemukan bahwa nilai-nilai Islam menjadi pertimbangan penting dalam keputusan pembelian konsumen, termasuk menghindari gharar, menghindari tabdzir , dan menjaga aspek kebersihan. Penelitian ini menunjukkan bahwa teknologi berbasis nilai dan personalisasi seperti wardah colour intelligence.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
S 15768PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Bisnis Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekPerceived value
Behavioral intention
Islamic values
Muslim Consumer
virtual try-on
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxvii, 211 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikSkripsi
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?