Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
DAMPAK PARIWISATA HALAL
TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI
DI NEGARA-NEGARA OKI:
PENDEKATAN PANEL DINAMIS
SYSTEM GMM
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Skripsi

Dampak Pariwisata Halal terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Negara-negara OKI: Pendekatan Panel Dinamis System GMM

The Impact of Halal Tourism on Economic Growth in OIC Member States: Dynamic Panel System GMM Approach

Fikri Rafif Nurcahyo - ; Mohamad Soleh Nurzaman (Pembimbing/Promotor) - ; Risna Triandhari (Penguji) - ; Ledi Trialdi (Penguji) - ;

Pariwisata halal merupakan segmen industri pariwisata global yang berkembang pesat, dengan negara-negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) mendominasi peringkat atas destinasi ramah Muslim. Meskipun potensinya diakui sangat besar, bukti kuantitatif mengenai dampak pariwisata halal terhadap pertumbuhan ekonomi secara makro masih terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak pariwisata halal terhadap pertumbuhan ekonomi di 23 negara anggota OKI selama periode 2015-2024. Dengan menggunakan pendekatan panel dinamis System Generalized Method of Moments (GMM), penelitian ini mengungkap hubungan yang kompleks dan tidak langsung. Hasil utama menunjukkan bahwa Penerimaan Pariwisata, sebagai salah satu proksi, justru berpengaruh negatif signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. Temuan ini menantang Tourism-Led Growth Hypothesis (TLGH) dan mengindikasikan adanya kausalitas terbalik, di mana pertumbuhan ekonomilah yang mendorong perkembangan sektor pariwisata, bukan sebaliknya. Selanjutnya, skor Global Muslim Travel Index (GMTI), sebagai proksi kesiapan pariwisata halal, ditemukan tidak memiliki pengaruh langsung yang signifikan terhadap pertumbuhan PDB. Namun, analisis lebih lanjut menunjukkan perannya sebagai variabel mediator yang efektif: GMTI secara positif dan kuat mendorong peningkatan Penerimaan Pariwisata di tingkat sektoral, meskipun dampak ini tidak berlanjut ke tingkat makroekonomi. Temuan ini menyiratkan bahwa kesiapan destinasi saja tidak cukup untuk mendorong pertumbuhan jika tidak diiringi strategi efektif untuk mengubahnya menjadi nilai ekonomi riil.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
S 15796PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Ilmu Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekEconomic growth
GMM
Halal tourism
Global Muslim Travel Index (GMTI)
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxii, 73 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikSkripsi
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?