Skripsi
The Influence of the Indonesia Smart Program (PIP) on School Participation among Students with Disabilities
Penyandang disabilitas masih menghadapi berbagai tantangan dalam mengakses pendidikan formal di Indonesia. Program Indonesia Pintar (PIP) hadir sebagai bentuk bantuan tunai bersyarat untuk mengurangi hambatan ekonomi, namun belum banyak penelitian yang secara spesifik mengevaluasi dampaknya terhadap anak-anak dengan disabilitas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh PIP terhadap partisipasi sekolah anak penyandang disabilitas usia 6–24 tahun, dengan menggunakan data SUSENAS KOR Maret 2023. Metode regresi probit digunakan untuk mengukur pengaruh program terhadap probabilitas anak disabilitas untuk tetap bersekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyandang disabilitas penerima PIP memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk berpartisipasi dalam pendidikan dibandingkan non- penerima. Selain itu, tingkat keparahan disabilitas memiliki hubungan negatif dengan partisipasi sekolah, di mana anak dengan disabilitas berat cenderung memiliki kemungkinan lebih rendah untuk bersekolah. Penelitian ini menunjukkan pentingnya memperkuat cakupan dan efektivitas program bantuan pendidikan bagi kelompok disabilitas, terutama mereka yang menghadapi hambatan lebih kompleks. Temuan ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi perumusan kebijakan pendidikan yang lebih inklusif dan responsif terhadap kebutuhan kelompok rentan.
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
S 15813 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok: Program Studi Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Disability Probit regression School participation PIP Educational assistance |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | NONE |
Deskripsi Fisik | xii, 80 p. : il. ; 30 cm. |
Info Detail Spesifik | Skripsi |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |