Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
PENGARUH PROGRAM INDONESIA
PINTAR (PIP) TERHADAP
PARTISIPASI SEKOLAH DI
KALANGAN SISWA DENGAN
DISABILITAS
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Skripsi

Pengaruh Program Indonesia Pintar (PIP) terhadap Partisipasi Sekolah di Kalangan Siswa dengan Disabilitas

The Influence of the Indonesia Smart Program (PIP) on School Participation among Students with Disabilities

Raisa Kendria Smara Karimah - ; Thia Jasmina (Pembimbing/Promotor) - ; Prita Nurmalia Kusumawardhani (Penguji) - ; Muhammad Shauqie Azar (Penguji) - ;

Penyandang disabilitas masih menghadapi berbagai tantangan dalam mengakses pendidikan formal di Indonesia. Program Indonesia Pintar (PIP) hadir sebagai bentuk bantuan tunai bersyarat untuk mengurangi hambatan ekonomi, namun belum banyak penelitian yang secara spesifik mengevaluasi dampaknya terhadap anak-anak dengan disabilitas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh PIP terhadap partisipasi sekolah anak penyandang disabilitas usia 6–24 tahun, dengan menggunakan data SUSENAS KOR Maret 2023. Metode regresi probit digunakan untuk mengukur pengaruh program terhadap probabilitas anak disabilitas untuk tetap bersekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyandang disabilitas penerima PIP memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk berpartisipasi dalam pendidikan dibandingkan non- penerima. Selain itu, tingkat keparahan disabilitas memiliki hubungan negatif dengan partisipasi sekolah, di mana anak dengan disabilitas berat cenderung memiliki kemungkinan lebih rendah untuk bersekolah. Penelitian ini menunjukkan pentingnya memperkuat cakupan dan efektivitas program bantuan pendidikan bagi kelompok disabilitas, terutama mereka yang menghadapi hambatan lebih kompleks. Temuan ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi perumusan kebijakan pendidikan yang lebih inklusif dan responsif terhadap kebutuhan kelompok rentan.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
S 15813PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekDisability
Probit regression
School participation
PIP
Educational assistance
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxii, 80 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikSkripsi
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?