Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
PERAN RELIGIOSITAS DAN EFEK
MEDIASI PERSEPSI NILAI
KEMEWAHAN DALAM PEMBELIAN
PRODUK FASHION MEWAH
KATEGORI AFFORDABLE LU...
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Skripsi

Peran Religiositas dan Efek Mediasi Persepsi Nilai Kemewahan Dalam Pembelian Produk Fashion Mewah Kategori Affordable Luxury: Studi Terhadap Konsumen Muslim di Pulau Jawa

The Role of Religiosity and the Mediating Effect of Perceived Luxury Value in Purchasing Luxury Fashion Products in the Affordable Luxury Category: A Study of Muslim Consumers in Java

Nayla Larasati Ismunandar - ; Yeshika Alversia (Pembimbing/Promotor) - ; Sri Rahayu Hijrah Hati (Penguji) - ; Hapsari setyowardhani (Penguji) - ;

Saat ini, konsumen Indonesia sudah semakin terbuka dengan produk mewah, hingga terjadi pertumbuhan aktivitas belanja barang tersier pada tahun 2022. Namun, Indonesia adalah sebuah negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam, dan dalam agama Islam, berfoya-foya dan menghamburkan harta secara boros dilarang. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah konsumen Muslim yang cenderung religius memiliki intensi untuk membeli produk mewah, ataukah ada faktor lain berupa materialisme yang mempengaruhi hal tersebut. Penelitian ini mengumpulkan data primer melalui kuesioner dan disebar secara online, lalu data yang didapatkan diolah menggunakan perangkat lunak SmartPLS 4 dengan metode PLS-SEM. Hasil yang didapatkan dari 253 responden menunjukkan bahwa religiositas tidak berpengaruh secara langsung terhadap niat pembelian, namun berpengaruh dengan mediasi nilai hedonis. Mediasi pengaruh religiositas dan niat pembelian yang lain, yaitu nilai fungsional, nilai materialistik, dan nilai sosial tidakk memiliki pengaruh apapun. Di sisi lain, materialisme berpengaruh secara langsung terhadap niat pembelian, namun mediasi hubungan tersebut, yaitu dengan impression management tidak berpengaruh.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
S 15823PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Bisnis Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekConsumer behavior
Purchase intention
Luxury product
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxiii, 153 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikSkripsi
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?