Skripsi
The Role of Islamic Work Ethics in Predicting Innovative Work Behaviour with the Mediation of Life Satisfaction, Subjective Happiness, and Organizational Citizenship Behaviour in the Creative Industry in Jakarta (A Case Study on Generation Z)
Seiring dengan berkembangnya industri kreatif di Jakarta, tuntutan terhadap perilaku kerja inovatif pada generasi Z kian meningkat. Untuk mendukung pencapaian inovasi tersebut, perusahaan perlu memahami faktor-faktor internal karyawan yang mendorong munculnya perilaku kerja inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran Islamic work ethics terhadap innovative work behaviour yang dimediasi oleh life satisfaction, subjective happiness, dan organizational citizenship behaviour. Data penelitian diperoleh melalui pengisian kuesioner secara online kepada 267 responden generasi Z yang bekerja atau magang di industri kreatif Jakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode non-probability sampling dengan pendekatan snowball sampling. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan bantuan program LISREL 8.8. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Islamic work ethics berpengaruh positif terhadap life satisfaction dan subjective happiness. Kedua variabel kesejahteraan psikologis tersebut selanjutnya berpengaruh positif terhadap organizational citizenship behaviour. Namun, life Satisfaction dan subjective happiness tidak memiliki pengaruh signifikan secara langsung terhadap innovative work behaviour sehingga diperlukan peran mediasi organizational citizenship behaviour untuk menghubungkannya. organizational citizenship behaviour terbukti berpengaruh signifikan terhadap innovative work behaviour. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menajdi referensi dan sumber literatur bagi penelitian selanjutnya yang serupa serta memberikan implikasi praktis bagi perusahaan industri kreatif dalam mengembangkan program penguatan nilai etika kerja, peningkatan kesejahteraan psikologis, dan pembentukan budaya prososial sebagai upaya strategis untuk meningkatkan inovasi karyawan generasi Z.
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
S 15825 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok: Program Studi Bisnis Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Creative industry Life Satisfaction Organizational Citizenship Behavior Generation Z Innovative Work Behavior Islamic work ethics Subjective Happiness |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | NONE |
Deskripsi Fisik | xvi, 172 p. : il. ; 30 cm. |
Info Detail Spesifik | Skripsi |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |