Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
ANALISIS PENGARUH PROGRAM
INDONESIA PINTAR TERHADAP
PARTISIPASI SEKOLAH
PENYANDANG DISABILITAS DI
INDONESIA
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Skripsi

Analisis Pengaruh Program Indonesia Pintar terhadap Partisipasi Sekolah Penyandang Disabilitas di Indonesia

The Impact of Social Assistance Program (PIP) on School Enrollment of Persons with Disabilities in Indonesia

Caroline Jessie Deannabel - ; Dwini Handayani (Penguji) - ; Prita Nurmalia Kusumawardhani (Pembimbing/Promotor) - ; Witri Indriyani (Penguji) - ;

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Program Indonesia Pintar (PIP) terhadap partisipasi sekolah anak penyandang disabilitas di Indonesia. Penelitian ini menggunakan data Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) tahun 2022 dan 2023 serta menerapkan metode Propensity Score Matching (PSM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagai bantuan transfer tunai bersyarat untuk pendidikan, PIP memiliki pengaruh positif signifikan meningkatkan probabilitas partisipasi sekolah anak penyandang disabilitas, dengan dampak yang lebih besar pada kelompok disabilitas berat. Efek PIP juga ditemukan lebih besar di daerah perdesaan. Selain itu, efek PIP juga meningkat seiring dengan jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Namun, tidak ada perbedaan besar efek PIP antara laki-laki dan perempuan. Tingkat pendidikan kepala rumah tangga juga ditemukan memiliki pengaruh signifikan, dimana anak penyandang disabilitas yang tinggal dengan kepala keluarga berpendidikan tinggi lebih mungkin bersekolah dibandingkan dengan yang kepala keluarganya berpendidikan rendah.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
S 15837PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekConditional cash transfer
Propensity score matching
School participation
persons with disabilities
PIP
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxv, 87 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikSkripsi
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?