Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
PENGARUH TANGGUNG JAWAB
KONSUMSI BERKELANJUTAN,
ETNOSENTRISME KONSUMEN, DAN
RELIGIUSITAS TERHADAP
KEMUNGKINAN MEMBELI ME...
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Skripsi

Pengaruh Tanggung Jawab Konsumsi Berkelanjutan, Etnosentrisme Konsumen, dan Religiusitas terhadap Kemungkinan Membeli Merek Kosmetik Lokal

The Influence of Sustainable Consumption Responsibility, Consumer Ethnocentrism, and Religiosity on the Purchase Likelihood of Local Cosmetic Brands

Dalila Rahma Gammaerdanta - ; Hapsari Setyowardhani (Pembimbing/Promotor) - ; Lisa Listiana (Penguji) - ; Fenny Rosmanita (Penguji) - ;

Peningkatan kesadaran akan nilai keberlanjutan, religiusitas, dan kebanggaan terhadap produk lokal mendorong konsumen Muslim untuk lebih selektif dalam memilih produk, termasuk kosmetik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tanggung jawab konsumsi berkelanjutan, etnosentrisme konsumen, dan religiusitas terhadap kemungkinan membeli merek kosmetik lokal. Selain itu, penelitian ini juga mengeksplorasi peran mediasi citra merek, pengalaman merek, dan kualitas merek dalam hubungan antara tanggung jawab konsumsi berkelanjutan dan kemungkinan membeli.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei online terhadap 301 perempuan Muslim di Indonesia yang berusia 18 tahun ke atas serta memiliki pengalaman membeli atau memperoleh informasi tentang kosmetik lokal dalam enam bulan terakhir. Analisis data dilakukan dengan Structural Equation Modeling–Partial Least Squares (SEM-PLS) menggunakan SmartPLS 4.0. Hasil menunjukkan bahwa etnosentrisme konsumen dan religiusitas berpengaruh signifikan terhadap kemungkinan membeli merek kosmetik lokal. Sementara itu, tanggung jawab konsumsi berkelanjutan tidak menunjukkan pengaruh langsung, tetapi memengaruhi secara tidak langsung melalui pengalaman merek sebagai mediator penuh. Citra merek dan kualitas merek tidak ditemukan sebagai mediator yang signifikan. Temuan ini menegaskan pentingnya nilai kebangsaan dan keagamaan dalam mendorong preferensi terhadap produk lokal, serta menyoroti adanya kesenjangan antara nilai yang diyakini konsumen dan tindakan pembeliannya dalam konteks konsumsi berkelanjutan.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
S 15876PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Ilmu Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekBrand image
Consumer ethnocentrism
Brand experience
Brand quality
Religiosity
Sustainable Consumption
Local Cosmetics
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxxi, 189 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikSkripsi
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?