Skripsi
Consumer Perception to AI (Artificial Intelligence) Generated Image in Non-Profit Organization Digital Marketing: It's Effect on Brand Image and Donation Intention
Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, AI (artificial intelligence) generatif yang mampu menciptakan konten baru dari data yang dipelajari, kini memainkan peran penting di berbagai sektor profesional, termasuk pemasaran digital dari organisasi nirlaba. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak penggunaan salah satu bentuk AI generatif, yaitu TTIG (Text-to-Image Generation), dalam konteks pemasaran organisasi nirlaba. Studi ini dilakukan dalam konteks meningkatnya adopsi teknologi tersebut di bidang pemasaran dan dinamika persepsi publik yang terus berubah terhadap AI generatif. Penelitian ini berupaya untuk memperbarui dan mengembangkan studi Arango et al. (2023), yang menunjukkan adanya dampak negatif gambar berbasis AI terhadap intensi donasi. Dengan mengadopsi pendekatan penelitian Arango et al. (2023) dan memperluasnya melalui integrasi dimensi pemasaran media sosial dari Bilgin dan Kethuda (2022), penelitian ini juga menganalisis pengaruhnya terhadap citra merek organisasi nirlaba. Menggunakan desain survei-eksperimen dalam kerangka teori Stimulus-Organism-Response (SOR), data studi ini dianalisis melalui metode serial mediation analysis. Dampak dari penggunaan gambar hasil AI diprediksikan melalui dua jalur: dari aspek pemasaran → citra merek → intensi donasi, serta dari aspek emosional → intensi donasi. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan gambar berbasis AI dapat berdampak negatif pada intensi donasi serta citra merek organisasi nirlaba. Implikasi dari temuan ini diharapkan dapat menjadi pertimbangan strategis bagi organisasi nirlaba dalam merancang komunikasi visual mereka di era digital.
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
S 15893 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok: Program Studi Ilmu Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Brand image Donation Digital Marketing Generative AI Non-profit Philanthropy |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | NONE |
Deskripsi Fisik | xi, 73 p. : il. ; 30 cm. |
Info Detail Spesifik | Skripsi |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |