Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP
PENGGUNAAN GAMBAR HASIL
KECERDASAN BUATAN (AI) DALAM
PEMASARAN DIGITAL ORGANISASI
NIRLABA: PE...
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Skripsi

Persepsi Konsumen Terhadap Penggunaan Gambar Hasil Kecerdasan Buatan (AI) dalam Pemasaran Digital Organisasi Nirlaba: Pengaruhnya Terhadap Citra Merek dan Intensi Donasi

Consumer Perception to AI (Artificial Intelligence) Generated Image in Non-Profit Organization Digital Marketing: It's Effect on Brand Image and Donation Intention

Azyura Damartya Sakha - ; Miranti Kartika Dewi (Pembimbing/Promotor) - ; Ledi Trialdi (Penguji) - ; Fenny Rosmanita (Penguji) - ;

Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, AI (artificial intelligence) generatif yang mampu menciptakan konten baru dari data yang dipelajari, kini memainkan peran penting di berbagai sektor profesional, termasuk pemasaran digital dari organisasi nirlaba. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak penggunaan salah satu bentuk AI generatif, yaitu TTIG (Text-to-Image Generation), dalam konteks pemasaran organisasi nirlaba. Studi ini dilakukan dalam konteks meningkatnya adopsi teknologi tersebut di bidang pemasaran dan dinamika persepsi publik yang terus berubah terhadap AI generatif. Penelitian ini berupaya untuk memperbarui dan mengembangkan studi Arango et al. (2023), yang menunjukkan adanya dampak negatif gambar berbasis AI terhadap intensi donasi. Dengan mengadopsi pendekatan penelitian Arango et al. (2023) dan memperluasnya melalui integrasi dimensi pemasaran media sosial dari Bilgin dan Kethuda (2022), penelitian ini juga menganalisis pengaruhnya terhadap citra merek organisasi nirlaba. Menggunakan desain survei-eksperimen dalam kerangka teori Stimulus-Organism-Response (SOR), data studi ini dianalisis melalui metode serial mediation analysis. Dampak dari penggunaan gambar hasil AI diprediksikan melalui dua jalur: dari aspek pemasaran → citra merek → intensi donasi, serta dari aspek emosional → intensi donasi. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan gambar berbasis AI dapat berdampak negatif pada intensi donasi serta citra merek organisasi nirlaba. Implikasi dari temuan ini diharapkan dapat menjadi pertimbangan strategis bagi organisasi nirlaba dalam merancang komunikasi visual mereka di era digital.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
S 15893PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Ilmu Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekBrand image
Donation
Digital Marketing
Generative AI
Non-profit
Philanthropy
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxi, 73 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikSkripsi
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?