Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
PERILAKU BOIKOT TERHADAP
MEREK TERAFILIASI ISRAEL:
FAKTOR PENENTU DAN DAMPAK
TERHADAP KESEDIAAN MEMBELI
MEREK LOKAL
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Skripsi

Perilaku Boikot Terhadap Merek Terafiliasi Israel: Faktor Penentu dan Dampak Terhadap Kesediaan Membeli Merek Lokal

Boycott Behavior Towards Israel-Affiliated Brands: Determining Factors and Impact on Willingness to Buy Local Brands

Anna Femilia Annisagita - ; Kenny Devita Indraswari (Pembimbing/Promotor) - ; Jossy Prananta Moeis (Penguji) - ; Yusuf Wibisono (Penguji) - ;

Tragedi di Rafah telah memicu boikot global terhadap merek terafiliasi Israel, yang dampaknya juga terasa di Indonesia. Gerakan ini menurunkan penjualan perusahaan multinasional dan mengalihkan preferensi konsumen ke merek lokal. Fenomena ini membuka peluang strategis bagi merek lokal untuk meningkatkan permintaan dan pangsa pasar. Penguatan merek lokal diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi berkelanjutan, menciptakan lapangan kerja, mengurangi ketergantungan impor, dan meningkatkan daya saing nasional. Pergeseran pola konsumsi ini bukan hanya respons moral, melainkan juga katalis penting menuju ekonomi yang lebih mandiri, inklusif, dan berdaya saing. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan mengkaji faktor pendorong niat boikot konsumen dan menganalisis pengaruhnya terhadap kesediaan konsumen membeli merek lokal. Penelitian ini mengintegrasikan Theory of Planned Behavior dan Identity-based Motivation Theory, ditambah variabel switching cost. Melalui kuesioner online, 422 data primer konsumen di Indonesia berhasil dikumpulkan dan diolah menggunakan perangkat lunak SmartPLS 4.0 dengan metode PLS-SEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap, persepsi kontrol perilaku, altruisme agama, dan keyakinan terhadap dampak boikot signifikan memengaruhi niat boikot. Lebih lanjut, niat boikot menunjukkan pengaruh positif dan signifikan terhadap kesediaan konsumen dalam membeli merek lokal. Temuan ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi industri lokal dalam strategi pemasaran, pemerintah dalam mendukung penguatan merek lokal, dan akademisi untuk referensi serta pengembangan literatur perilaku boikot dan preferensi konsumen.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
S 15896PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Ilmu Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekConsumer behavior
PLS-SEM
Boycott Intention
Consumer Boycott in Indonesia
Willingness to Buy Local Brands
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxiv, 141 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikSkripsi
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?