Skripsi
Boycott Behavior Towards Israel-Affiliated Brands: Determining Factors and Impact on Willingness to Buy Local Brands
Tragedi di Rafah telah memicu boikot global terhadap merek terafiliasi Israel, yang dampaknya juga terasa di Indonesia. Gerakan ini menurunkan penjualan perusahaan multinasional dan mengalihkan preferensi konsumen ke merek lokal. Fenomena ini membuka peluang strategis bagi merek lokal untuk meningkatkan permintaan dan pangsa pasar. Penguatan merek lokal diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi berkelanjutan, menciptakan lapangan kerja, mengurangi ketergantungan impor, dan meningkatkan daya saing nasional. Pergeseran pola konsumsi ini bukan hanya respons moral, melainkan juga katalis penting menuju ekonomi yang lebih mandiri, inklusif, dan berdaya saing. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan mengkaji faktor pendorong niat boikot konsumen dan menganalisis pengaruhnya terhadap kesediaan konsumen membeli merek lokal. Penelitian ini mengintegrasikan Theory of Planned Behavior dan Identity-based Motivation Theory, ditambah variabel switching cost. Melalui kuesioner online, 422 data primer konsumen di Indonesia berhasil dikumpulkan dan diolah menggunakan perangkat lunak SmartPLS 4.0 dengan metode PLS-SEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap, persepsi kontrol perilaku, altruisme agama, dan keyakinan terhadap dampak boikot signifikan memengaruhi niat boikot. Lebih lanjut, niat boikot menunjukkan pengaruh positif dan signifikan terhadap kesediaan konsumen dalam membeli merek lokal. Temuan ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi industri lokal dalam strategi pemasaran, pemerintah dalam mendukung penguatan merek lokal, dan akademisi untuk referensi serta pengembangan literatur perilaku boikot dan preferensi konsumen.
| Call Number | Location | Available |
|---|---|---|
| S 15896 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
| Penerbit | Depok: Program Studi Ilmu Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025 |
|---|---|
| Edisi | - |
| Subjek | Consumer behavior PLS-SEM Boycott Intention Consumer Boycott in Indonesia Willingness to Buy Local Brands |
| ISBN/ISSN | - |
| Klasifikasi | NONE |
| Deskripsi Fisik | xiv, 141 p. : il. ; 30 cm. |
| Info Detail Spesifik | Skripsi |
| Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
| Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |