Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
PENGARUH PEMASARAN
BERKELANJUTAN TERHADAP
LOYALITAS PELANGGAN DENGAN
CITRA MEREK DAN KEPUASAN
PELANGGAN SEBAGAI
MEDIATOR...
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Tesis

Pengaruh Pemasaran Berkelanjutan terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Citra Merek dan Kepuasan Pelanggan sebagai Mediator: Studi pada Pelanggan Cat Propan di Indonesia

The Influence of Sustainable Marketing on Customer Loyalty with Brand Image and Customer Satisfaction as Mediators: A Study of Propan Paint Customers in Indonesia

Bambang Wisnu Aji - ; Karto Adiwijaya (Penguji) - ; Nurdin Sobari (Penguji) - ; Triza Mudita (Pembimbing/Promotor) - ;

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemasaran berkelanjutan terhadap loyalitas pelanggan, dengan citra merek dan kepuasan pelanggan sebagai variabel mediasi, menggunakan pendekatan Partial Least Squares–Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Data dikumpulkan dari 311 responden yang merupakan pelanggan produk cat Propan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberlanjutan ekonomi dan keberlanjutan sosial tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Sebaliknya, kelestarian lingkungan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Selain itu, citra merek dan kepuasan pelanggan secara berurutan memediasi efek keberlanjutan ekonomi dan keberlanjutan sosial terhadap loyalitas pelanggan. Namun, kedua variabel mediasi tersebut tidak secara signifikan memediasi pengaruh kelestarian lingkungan terhadap loyalitas pelanggan. Temuan ini menawarkan implikasi penting untuk strategi pemasaran berkelanjutan, terutama di industri cat.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 222/25PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitJakarta: Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekBrand image
Customer loyalty
Customer Satisfaction
Economic sustainability
Sustainable Marketing
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxiii, 90 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?