Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
DIGITALIASASI PROSES
MONITORING PENGIRIMAN HARIAN
UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI
PROSES BISNIS GUNA MENUNJANG
PENCAPAIAN I...
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Tesis

Digitaliasasi Proses Monitoring Pengiriman Harian untuk Meningkatkan Efisiensi Proses Bisnis Guna Menunjang Pencapaian Indeks Kepuasan Pelanggan di PT XYZ

Digitalization of Daily Delivery Process to Improve Business Process Efficiency to Achieve Customer Satistaftion Index Target at PT XYZ

Sandra Nastiti - ; Arviansyah (Pembimbing/Promotor) - ; RR. Ratih Dyah Kusumastuti (Penguji) - ; Jonathan Nahum Marpaung (Penguji) - ;

Di tengah persaingan yang kian ketat antar industri minyak dan gas, dibutuhkan strategi khusus untuk dapat tetap bertahan dalam menghadapi persaingan global. Menanggapi hal tersebut, PT XYZ bertekad untuk mengimplementasikan digitalisasi guna meningkatkan efisiensi atas proses bisnis yang berjalan saat ini. Disamping itu, implementasi ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pelanggan, seperti tersedianya informasi terkait estimasi waktu ketibaan di site pelanggan, memperbaiki jadwal pengiriman, lebih memperhatikan kecepatan pengemudi, serta memperbaiki komunikasi dan konsistensi dalam memberikan update terkait pengiriman produk. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif. Pendekatan kuantitatif digunakan untuk mengidentifikasi proses yang perlu diperbaiki dan mengevaluasi waktu proses melalui metode Material Information Flow Chart (MIFC). Sementara itu, pendekatan kualitatif digunakan untuk mengidentifikasi kebutuhan pelanggan dan mengubahnya ke dalam bentuk fitur yang akan ditampilkan di aplikasi monitoring melalui metode House of Quality (HOQ). Setelah dilakukan analisa, dapat disimpulkan bahwa proses yang perlu diperbaiki adalah proses pembongkaran unit dikarenakan waktu aktual yang berjalan jauh di atas waktu ideal. Hal ini disebabkan oleh tidak adanya media untuk memonitor pengiriman harian dan kesepakatan terkait mekanisme update antar stakeholder. Maka dari itu, dalam menentukan fitur yang akan dimasukkan ke dalam media monitoring, digunakan metode wawancara yang menghasilkan enam calon fitur. Namun, berdasarkan hasil pembobotan sesuai dengan kebutuhan pelanggan, terpilih empat fitur yang akan dieksekusi, yakni dashboard posisi unit, tampilan interface yang mudah dipahami, system engine untuk menghitung estimasi waktu ketibaan unit, dan waktu proses yang efisien. Perbaikan ini diharapkan dapat meningkatkan akurasi pengiriman dikarenakan posisi unit sudah dapat dilihat secara langsung pergerakannya serta mengurangi adanya intervensi dari manusia.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 223/25PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitJakarta: Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekCustomer satisfaction index
Digitalization
Delivery speed and accuracy
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxiii, 80 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?