Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
PERAN FITUR LIVE STREAMING
DAN KEBIASAAN TERHADAP NIAT
BELI KONSUMEN TIKTOK LIVE DI
INDONESIA: PENDEKATAN MODEL
DUAL PRO...
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Tesis

Peran Fitur Live Streaming dan Kebiasaan terhadap Niat Beli Konsumen TikTok Live di Indonesia: Pendekatan Model Dual Proses

The Role of Live Streaming and Habit On TikTok Consumers Purchase Intention: A Dual-Process Model Approach

Raden Roro Inggil Pratiwi - ; Nurdin Sobari (Pembimbing/Promotor) - ; Karto Adiwijaya (Penguji) - ; Rambat Lupiyoadi (Penguji) - ;

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara komprehensif pengaruh fitur-fitur live streaming commerce terhadap niat beli konsumen produk beauty and personal care di Indonesia, dengan memberikan perhatian khusus pada peran mediasi ketidakpastian produk dan peran moderasi kebiasaan konsumen. Penelitian ini menguji bagaimana fitur-fitur live streaming, yang meliputi real-time communication, product interactivity, perceived authenticity, broadcaster competence, perceived enjoyment, dan convenience of product search, memengaruhi product quality uncertainty, product fit uncertainty, dan pembentukan habit belanja live streaming. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fitur-fitur live streaming secara signifikan mengurangi product quality uncertainty dan product fit uncertainty, serta meningkatkan pembentukan habit. Lebih lanjut, product quality uncertainty dan product fit uncertainty terbukti berpengaruh negatif terhadap niat beli konsumen, sementara habit berpengaruh positif. Hasil penelitian lainnya adalah bahwa habit memoderasi hubungan negatif antara product uncertainty (baik quality maupun fit) dan purchase intention, yang mengindikasikan bahwa kebiasaan berbelanja dapat memperkuat niat beli meskipun ada ketidakpastian. Implikasi manajerial dari penelitian ini adalah bahwa pelaku usaha e-commerce perlu memprioritaskan pengembangan fitur live streaming yang kuat dan interaktif, serta merancang strategi untuk membina kebiasaan belanja positif di kalangan konsumen.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 225/25PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitJakarta: Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekPurchase intention
Habit
Source Credibility
Live streaming commerce
Dual process theory
Product uncertainty
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxiii, 109 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?