Tesis
The Role of Gamification Among Users of Moblie Banking Application
Teknologi finansial (fintech) telah mengalami perkembangan pesat dalam beberapa tahun terakhir, dengan mobile banking menjadi salah satu layanan utama yang banyak diadopsi masyarakat Indonesia. Salah satu strategi inovatif yang digunakan dalam aplikasi mobile banking adalah gamifikasi, yaitu penerapan elemen permainan untuk meningkatkan keterlibatan pengguna dan mendorong perilaku keuangan. Studi ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana elemen gamifikasi, seperti reward, competition, immersion, enjoyment, dan sense of presence, mempengaruhi purchase intention pengguna aplikasi mobile banking di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan Structural Equation Modeling (SEM) untuk menguji hubungan antar variabel. Data dikumpulkan melalui survei terhadap pengguna aplikasi mobile banking yang telah menggunakan fitur gamifikasi dalam transaksi keuangan mereka. Sampel dari penelitian ini berjumlah 284 responden dengan beberapa kriteria khusus. Kuesioner diukur dengan skala likert 7 poin. Temuan ini memberikan implikasi bagi industri fintech, khususnya dalam mengembangkan strategi pemasaran berbasis gamifikasi yang efektif untuk meningkatkan niat beli pengguna pada aplikasi mobile banking. Studi ini juga memberikan wawasan bagi pengembang aplikasi dalam merancang fitur interaktif yang dapat memperkuat pengalaman pengguna dan mendorong perilaku transaksi yang lebih aktif.
| Call Number | Location | Available |
|---|---|---|
| T 228/25 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
| Penerbit | Jakarta: Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025 |
|---|---|
| Edisi | - |
| Subjek | Mobile banking Purchase intention Gamification Immersion Sense of presence Fintech mobile banking |
| ISBN/ISSN | - |
| Klasifikasi | NONE |
| Deskripsi Fisik | xii, 156 p. : il. ; 30cm. |
| Info Detail Spesifik | Tesis |
| Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
| Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |