Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
ADOPSI LAYANAN INTERNET
SATELIT STARLINK DI
INDONESIA DENGAN PENDEKATAN
UTAUT DAN SOCIAL INFLUENCE
THEORY
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Tesis

Adopsi Layanan Internet Satelit Starlink di Indonesia dengan Pendekatan Utaut dan Social Influence Theory

Adoption of Starlink Satellite Internet Service in Indonesia with Utaut and Social Influence Theory

Fendy Christianto - ; Nurdin Sobari (Pembimbing/Promotor) - ; Karto Adiwijaya (Penguji) - ; Rambat Lupiyoadi (Penguji) - ;

Di era digital, kebutuhan terhadap internet yang cepat dan andal menjadi krusial dalam mendukung berbagai aktivitas, mulai dari pendidikan, kesehatan, hingga ekonomi digital. Starlink hadir sebagai solusi internet satelit orbit rendah (LEO) yang menjanjikan konektivitas tinggi di seluruh wilayah, termasuk daerah yang belum terjangkau infrastruktur konvensional. Namun, tingkat adopsi layanan ini di Indonesia masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi niat masyarakat Indonesia dalam mengadopsi layanan Starlink, dengan mengadaptasi model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) yang diperluas. Variabel yang diuji meliputi performance expectancy, effort expectancy, subjective norms, perceived risk, price value, dan electronic word of mouth (eWOM), serta hubungan tidak langsung eWOM terhadap variabel lainnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui survei terhadap 399 responden dan dianalisis menggunakan metode PLS-SEM dengan bantuan perangkat lunak SmartPLS 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel yang diuji berkontribusi positif dalam memengaruhi behavioral intention penggunaan layanan internet satelit Starlink di Indonesia. Temuan ini memperkuat literatur terkait adopsi teknologi inovatif, serta memberikan kontribusi teoritis dengan memasukkan variabel eksternal seperti eWOM, perceived risk, dan price value dalam kerangka UTAUT. Penelitian ini juga memberikan implikasi praktis bagi penyedia layanan, pemasar, dan pemangku kebijakan dalam merancang strategi untuk meningkatkan adopsi layanan internet berbasis satelit di Indonesia.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 234/25PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitJakarta: Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekInternet Adoption
Satellite internet
Starlink
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxii, 105 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?