Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
PENGARUH ALTRUISM,
BIOSPHERIC DAN EGOISTIC
VALUES SERTA PRODUCT QUALITY
DAN PRODUCT UNIQUENESS PADA
INTENSI PEMBELIAN EN...
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Tesis

Pengaruh Altruism, Biospheric dan Egoistic Values serta Product Quality dan Product Uniqueness pada Intensi Pembelian Energy-Efficient Home Appliances dengan Penerapan Teori TPB-SOR

The Influence of Altruism, Biospheric and Egoistic Values ad well as Product Quality and Product Uniqueness on Purchase Intention of Energy-Efficient Home Appliances with the Application of the TPB-SOR Theory

Bertha Rastika - ; Nurdin Sobari (Pembimbing/Promotor) - ; Karto Adiwijaya (Penguji) - ; Rambat Lupiyoadi (Penguji) - ;

Tingkat adopsi Energy-Efficient Home Appliances (EEHA) di Indonesia masih tergolong rendah, meskipun pemerintah telah menerapkan regulasi efisiensi energi terhadap perangkat elektronik home appliances seperti Standar Kinerja Energi Minimum (SKEM) dan Label Tanda Hemat Energi (LTHE). Hal ini menunjukkan perlunya pemahaman lebih dalam terhadap faktor psikologis yang memengaruhi keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini mengkaji pengaruh personal values yang mencakup altruistic, biospheric, egoistic dan product-specific values yang meliputi product quality dan product uniqueness terhadap green purchase intention dengan mengintegrasikan Theory of Planned Behavior (TPB) dan Stimulus-Organism-Response (SOR). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif melalui survei terhadap 296 responden dan dianalisis menggunakan metode Structural Equation Modeling berbasis Partial Least Squares (SEM-PLS) melalui SmartPLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan sebagian besar hubungan antar variabel adalah signifikan, khususnya biospheric, altruistic, dan product quality yang secara konsisten berpengaruh secara positif terhadap attitude, subjective norms, dan perceived behavioral control. Sementara egoistic value dan product uniqueness tidak berpengaruh secara signifikan terhadap attitude. Hasil penelitian ini memberikan implikasi strategis bagi pelaku industri dalam merancang strategi komunikasi dan pemasaran berbasis nilai keberlanjutan.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 237/25PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitJakarta: Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekPersonal values
Green Purchase Intention
Product-specific values
Energy-Efficient Home Appliances (EEHA)
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxiii, 157 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?