Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
PENGARUH PERCEIVED SOCIAL
MEDIA MARKETING ACTIVITIES
(SMMAS) TERHADAP PURCHASE
INTENTIONS, BRAND LOYALTY,
DAN IMPULSIVE ...
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Tesis

Pengaruh Perceived Social Media Marketing Activities (SMMAs) terhadap Purchase Intentions, Brand Loyalty, dan Impulsive Buying: Studi pada Penggemar K-Pop SM Entertainment di Indonesia

The Impact of Perceived Social Media Marketing Activities (SMMAs) on Purchase Intentions, Brand Loyalty, and Impulsive Buying: A Study on SM Entertainment K-Pop Fans in Indonesia

Daniel Tumpal Hamonangan Aruan (Pembimbing/Promotor) - ; Karto Adiwijaya (Penguji) - ; Imam Salehudin (Penguji) - ; Alfikri Oktavian Yudhistira - ;

Pemasaran melalui media sosial menjadi strategi utama dalam membangun hubungan antara merek dan konsumen. Dalam industri hiburan, khususnya K-Pop, SM Entertainment secara aktif menerapkan Social Media Marketing Activities (SMMAs) untuk meningkatkan keterlibatan penggemar dan mendorong keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh perceived SMMAs terhadap purchase intention, brand loyalty, dan impulsive buying pada penggemar K-Pop di Indonesia, dengan mempertimbangkan peran mediasi brand trust, brand experience, dan brand love. Responden penelitian adalah penggemar K-Pop yang menggunakan media sosial dan mengikuti konten pemasaran artis SM Entertainment. Data dikumpulkan dari 316 responden melalui survei daring, dan dianalisis menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan pendekatan Stimulus–Organism–Response (S-O-R). Dalam model ini, SMMAs diposisikan sebagai stimulus, brand trust, brand experience, dan brand love sebagai organisme, serta purchase intention, brand loyalty, dan impulsive buying sebagai respons. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perceived SMMAs berpengaruh signifikan terhadap brand trust, yang selanjutnya meningkatkan brand experience dan brand love. Ketiganya memiliki pengaruh langsung dan tidak langsung terhadap purchase intention, brand loyalty, dan impulsive buying. Temuan ini menegaskan bahwa SMMAs memainkan peran penting dalam membentuk kepercayaan, pengalaman, dan ikatan emosional yang mendorong perilaku pembelian penggemar. Implikasi praktisnya, perusahaan hiburan dapat mengoptimalkan media sosial sebagai sarana pemasaran yang lebih efektif, personal, dan berorientasi pada keterlibatan emosional untuk meningkatkan daya saing di pasar hiburan yang kompetitif.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 372/25PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitJakarta: Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekBrand loyalty
Purchase intention
Brand trust
Brand experience
Impulse buying
Social media marketing
K-pop
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxiv, 155 p. : il. ; 24 cm
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?