Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
PENGARUH CONTENT APPEAL,
VIVIDNESS, DAN
INTERACTIVITIY TERHADAP
WORD-OF-MOUTH DAN CONSUMER
LOYALTY PADA MEREK DOMPET
DIG...
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Tesis

Pengaruh Content Appeal, Vividness, dan Interactivitiy terhadap Word-Of-Mouth dan Consumer Loyalty pada Merek Dompet Digital

The Influence of Content Appeal, Vividness, and Interactivity on Word-Of-Mouth and Consumer Loyalty in Digital Wallet Brands

Alya Hadijah Stephanie - ; Rifelly Dewi Astuti (Pembimbing/Promotor) - ; Karto Adiwijaya (Penguji) - ; Gita Gayatri (Penguji) - ;

Perkembangan sistem pembayaran digital di Indonesia telah mempercepat adopsi dompet digital, dengan GoPay muncul sebagai salah satu pemain terdepan. Di tengah persaingan yang ketat, strategi konten media sosial menjadi elemen krusial dalam mendorong consumer engagement, yang pada gilirannya memengaruhi word-of-mouth (WOM) dan loyalitas pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh daya tarik konten (infotainment, relasional, dan remuneratif), content vividness, dan content interactivity terhadap WOM dan loyalitas pelanggan, dengan consumer engagement sebagai variabel mediasi. Pendekatan kuantitatif digunakan melalui survei terhadap 230 pengguna aktif GoPay yang mengikuti akun Instagram resmi @GoPayIndonesia dan telah berinteraksi dengan kontennya dalam tiga bulan terakhir. Data dianalisis menggunakan metode Partial Least Squares - Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa enam dari tujuh hipotesis yang diajukan terbukti signifikan secara statistik. Konten infotainment, konten remuneratif, content vividness, dan content interactivity berpengaruh positif terhadap consumer engagement, dengan content vividness menunjukkan pengaruh paling kuat. Sebaliknya, konten relasional tidak menunjukkan pengaruh signifikan secara statistik, meskipun secara deskriptif diapresiasi oleh responden. Selain itu, consumer engagement terbukti menjadi mediator yang signifikan dalam hubungan antara karakteristik konten dengan WOM dan loyalitas pelanggan. Penelitian ini memberikan kontribusi empiris terhadap literatur pemasaran digital serta menawarkan rekomendasi strategis bagi merek dompet digital dalam mengoptimalkan strategi konten media sosial mereka.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 251/25PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitJakarta: Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekConsumer loyalty
Consumer engagement
Social media marketing
e-wallet
Word-of-mouth
Content appeal
Content vividness
Content interactivity
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxiii, 126 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?