Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
APLIKASI TEORI S-O-R DALAM
ANALISIS NIAT BELI ULANG
KONSUMEN MELALUI E-COMMERCE
HOME AND LIVING PADA KONTEKS
DEFLASI
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Tesis

Aplikasi Teori S-O-R dalam Analisis Niat Beli Ulang Konsumen melalui E-Commerce Home and Living pada Konteks Deflasi

Application of S-o-R Theory in Analyzing Consumer Repurchase Intention through E-Commerce Home and Living in The Context of Deflation

Tirsha Ailsa - ; Anna Amalyah Agus (Pembimbing/Promotor) - ; Nurdin Sobari (Penguji) - ; Rambat Lupiyoadi (Penguji) - ;

Dalam kondisi deflasi, dengan konteks penurunan daya beli, penelitian ini mengkaji bagaimana dimensi motivasi pelanggan memengaruhi niat beli ulang di sektor e-commerce home and living. Berdasarkan data dari 340 responden kelas menengah atas di wilayah Jabodetabek dan dianalisis menggunakan PLS-SEM, studi ini mengevaluasi pengaruh nilai hedonis, utilitarian, dan sosial terhadap kepercayaan dan kepuasan pelanggan. Hasil menunjukkan bahwa kepuasan pelanggan—bukan kepercayaan—merupakan faktor utama yang mendorong niat beli ulang. Keamanan dan privasi yang dirasakan secara signifikan meningkatkan kepuasan, sementara motivasi hedonis membentuk kepercayaan namun tidak berpengaruh langsung terhadap kepuasan. Beberapa faktor yang sering diasumsikan penting seperti personalisasi, ulasan online, dan tekanan sosial ternyata tidak menunjukkan pengaruh signifikan, sehingga menantang asumsi umum dalam strategi pemasaran digital. Kepercayaan dan kepuasan pelanggan berperan sebagai mediator, dengan kepuasan muncul sebagai jalur utama menuju loyalitas. Temuan ini menegaskan pentingnya keterlibatan emosional dan pengalaman pelanggan dibandingkan nilai fungsional dalam mempertahankan pelanggan di tengah ketidakpastian ekonomi.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 254/25PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitJakarta: Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekRepurchase intention
Customer Satisfaction
Customer Trust
E-commerce
S-O-R Theory
Economic deflation
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxii, 153 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?