Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
PENGARUH CONSTRUAL LEVEL DAN
SPATIAL DISTANCE PADA IKLAN
DESTINASI WISATA TERHADAP
DESTINATION IMAGE DAN VISIT
INTENTION
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Tesis

Pengaruh Construal Level dan Spatial Distance pada Iklan Destinasi Wisata terhadap Destination Image dan Visit Intention

The Influence of Construal Level and Spatial Distance in Tourism Destination Advertisements on Destination Image and Visit Intention

Daniel Tumpal Hamonangan Aruan (Pembimbing/Promotor) - ; Karto Adiwijaya (Penguji) - ; Imam Salehudin (Penguji) - ; Fahmi Ihza Rinaldy - ;

Penelitian ini menguji perbedaan destination image pada iklan destinasi wisata berdasarkan strategi construal level dan spatial distancemenggunakan uji ANOVA. Kemudian menguji pengaruh destination image terhadap visit intention menggunakan uji Macro PROCESS. Penelitian ini menggunakan desain faktorial 2 construal level (low vs high) x 2 spatial distance (near vs far) pada 120 partisipan mahasiswa dan mahasiswi. Sebelum dilakukan main test, dalam penelitian ini dilakukan cek manipulasi untuk memastikan partisipan memahami kondisi serta stimuli yang dibuat oleh peneliti. Variabel terukur destination image (5 indikator) dan visit intention (5 indikator), diukur dengan masing masing skala Likert 5 poin. Dalam penelitian ini, pada main effect ditemukan bahwa kondisi construal level dan spatial distanceyang berbeda menghasilkan perbedaan yang signifikan terhadap destination image. Pada interaction effect ditemukan bahwa kombinasi antara construal level dan spatial distance menghasilkan perbedaan yang signifikan pada destination image. Selain itu, dalam penelitian ini terbukti bahwa destination image berpengaruh positif terhadap visit intention. Hasil penelitian ini memiliki implikasi manajerial bagi pemasar destinasi dan pemerintah. Strategi komunikasi yang sesuai dengan persepsi jarak audiens dapat meningkatkan efektivitas kampanye pariwisata, khususnya untuk destinasi yang masih baru dikenal atau dianggap jauh oleh target audiens


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 389/25PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitJakarta: Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekDestination image
Visit Intention
construal level
spatial distance
ANOVA
Macro PROCESS
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxii, 86 p. : il. ; 24 cm
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?