Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
CUSTOMER LOYALTY PADA
MASKAPAI LOW COST CARRIER:
PERAN SERVICE QUALITY, PRICE
FAIRNESS DAN BRAND IMAGE
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Tesis

Customer Loyalty pada Maskapai Low Cost Carrier: Peran Service Quality, Price Fairness dan Brand Image

Customer Loyalty in Low-Cost Carriers: The Role of Service Quality, Price Fairness, and Brand Image

Anggreana Vera Salsabila - ; Karto Adiwijaya (Pembimbing/Promotor) - ; Imam Salehudin (Penguji) - ; Ignatius Heruwasto (Penguji) - ;

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh service quality, price fairness, customer satisfaction, dan trust terhadap customer loyalty, dengan brand image sebagai variabel moderasi pada maskapai low-cost carrier (LCC) di Indonesia. Industri LCC menghadapi persaingan ketat dan tekanan menjaga harga tetap terjangkau tanpa mengorbankan kualitas layanan. Oleh karena itu, price fairness dan brand image menjadi faktor strategis dalam membangun kepuasan, kepercayaan, dan loyalitas pelanggan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain deskriptif konklusif, yang bertujuan menguji pengaruh antar variabel secara empiris berdasarkan data survei pelanggan yang telah menggunakan layanan LCC dalam satu tahun terakhir. Analisis dilakukan menggunakan metode PLS-SEM. Hasil menunjukkan bahwa service quality berpengaruh positif terhadap price fairness dan customer satisfaction, tetapi tidak langsung terhadap customer loyalty. Price fairness berpengaruh signifikan terhadap kepuasan dan loyalitas. Customer satisfaction memediasi hubungan service quality dan price fairness terhadap loyalitas, serta memengaruhi trust dan loyalty. Trust juga berpengaruh terhadap loyalitas. Namun, brand image tidak memoderasi hubungan antara service quality dan price fairness. Temuan ini memberikan kontribusi teoritis dan implikasi praktis bagi maskapai LCC dalam meningkatkan layanan, harga yang adil, dan pengalaman pelanggan untuk membangun loyalitas.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 256/25PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitJakarta: Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekMarketing strategy
Brand image
Service quality
Aviation
Customer Satisfaction
Price fairness
PLS-SEM
Low-Cost Carrier
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxiii, 132 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?