Tesis
Analysis of the Influence of End-User Computing Satisfaction and Public Service Motivation on Job Performance with Innovative Work Behavior as a Mediating Variable
Direktorat Jenderal Bea dan Cukai berperan dalam mendukung ketahanan fiskal dan mendorong pertumbuhan perekonomian nasional. Kinerja kerja organisasi tersebut sangat ditentukan oleh kinerja individu pegawainya. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh dari end-user computing satisfaction dan public service motivation terhadap job performance pegawai Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Selain itu, penelitian ini juga akan menggali peran innovative work behavior sebagai mediator antara end-user computing satisfaction dan public service motivation dengan job performance. Data dikumpulkan melalui kuesioner online dengan pengukuran skala Likert 7 poin, dan dianalisis menggunakan Lisrel 8.8 dengan teknik Structural Equation Modeling untuk menjelaskan hubungan antar konstruk. Proses screening dan cleaning data dilakukan sehingga diperoleh 503 tanggapan responden yang dapat diolah dari data 658 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa end-user computing satisfaction, public service motivation, dan innovative work behavior memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap job performance. End-user computing satisfaction dan public service motivation juga ditemukan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap innovative work behavior. Selanjutnya, penelitian ini membuktikan bahwa innovative work behavior secara parsial memediasi pengaruh end-user computing satisfaction terhadap job performance, serta pengaruh public service motivation terhadap job performance. Penelitian ini berkontribusi di bidang manajemen sumber daya manusia dalam memperluas literatur dengan menunjukkan pentingnya end-user computing satisfaction dan public service motivation di sektor publik yang merupakan tema yang sedang berkembang saat ini, sekaligus menambahkan peran mediasi innovative work behavior dalam meningkatkan kinerja pegawai sektor publik.
| Call Number | Location | Available |
|---|---|---|
| T 257/25 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
| Penerbit | Jakarta: Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025 |
|---|---|
| Edisi | - |
| Subjek | Job performance Innovative Work Behavior Public Service Motivation End-user computing satisfaction |
| ISBN/ISSN | - |
| Klasifikasi | NONE |
| Deskripsi Fisik | xiv, 138 p. : il. ; 30 cm. |
| Info Detail Spesifik | Tesis |
| Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
| Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |